Opini dan sukses bisnis

MDI Di Pimpin Pendanaan TaniHub

(indotelko.com)-JAKARTA; TaniHub Group merampungkan pendanaan Seri B mendukung ekspansi bisnis. Pendanaan US$65,5 juta (Rp942M) ini dipimpin MDI Ventures, dengan partisipasi dari investor baru.

Sebelumnya sudah berpartisipasi, yakni Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Add Ventures, BRI Ventures, Flourish Ventures, Intudo Ventures, Openspace Ventures, Tenaya Capital, UOB Venture Management, and Vertex Ventures.

TaniHub Group memakai pendanaan ini untuk ekspansi geografis melalui pembangunan fasilitas mini hub, dengan dukungan pemerintah lokal di Indonesia.

Seiring langkah ini, perusahaan akan mengembangkan produk dan layanan melalui penguatan teknologi pada berbagai lini bisnis. Inisiatif itu upaya ekosistem TaniHub Group menyerap produksi UMKM pertanian dan petani tidak hanya bagi konsumsi dalam negeri, melainkan juga untuk pasar internasional.

Dengan pertumbuhan bisnis 639% (2020), TaniHub Group membuktikan mampu bertahan dan tumbuh kendati masa pandemi Covid-19. Kecepatan penyesuaian strategi bisnis jadi kunci dalam capaian tersebut.

Berbekal pengalaman menghadapi pandemi, TaniHub Group yakin pendanaan ini dapat menggenjot pertumbuhan bisnis hingga tiga kali lipat.

Tahun 2020 ini pertama TaniHub Group melangkah keluar Jawa, mulai Bali. Keberhasilan setahun itu, diperkuat pengalaman mengelola 6 Warehouse dan Processing and Packing Center (PPC) makin memantapkanTaniHub Group menjangkau seluruh Indonesia, sehingga dampak positif dirasakan  masyarakat dan petani dari ujung barat hingga timur negeri ini.

CEO TaniHub Group, Pamitra Wineka, mengatakan memperluas jangkauan layanan dan memperkuat rantai pasokan jadi fokus utama pendanaan ini. “Sektor pertanian saling tidak terhubung karena banyak pemain kecil dengan area jangkauan layanan terbatas, sehingga ketidakefisienan value chain tidak terhindarkan,” katanya.

Direktur Portfolio MDI Ventures Sandhy Widyasthana menjelaskan MDI melihat TaniHub Group berperan besar di bidang pertanian dan membuktikan keberadaannya berdampak positif bagi peningkatan kualitas kehidupan petani.

“Kami harap investasi kami membantu TaniHub Group melanjutkan program dan memperluas cakupan kepada lebih banyak komunitas petani di Indonesia,” ucapnya.

Perluas Dampak

TaniHub Group menargetkan peningkatan kesejahteraan petani dan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan melalui berbagai cara.

Pertama, TaniHub Group menciptakan harga yang adil (fair pricing) karena rantai pasok petani dan konsumen diperpendek melalui penyerapan hasil panen langsung ke petani.

Rantai pasok pendek serta pengelolaan lebih baik pada hasil panen meningkatkan daya tahan komoditas, sehingga bahan pangan yang terbuang dan jejak karbon dapat dikurangi.

Kedua, kemampuan credit scoring sektor pertanian yang didorong data membantu TaniHub Group untuk menyediakan akses pembiayaan lebih baik bagi petani.

Ketiga, TaniHub Group mengadakan lokakarya dan pelatihan literasi keuangan membina petani saat mereka ingin membelanjakan pendapatannya yang meningkat, sehingga mereka dan keluarga besarnya dapat merasakan perbaikan kesejahteraan secara jangka panjang.

 Tak hanya pada petani, TaniHub Group berkomitmen meningkatkan penghidupan dan kesejahteraan seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistemnya, termasuk klien, konsumen, dan tidak terkecuali, karyawan perusahaannya.

 Sejak didirikan (2016), TaniHub Group berkomitmen berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditargetkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), terutama poin No Poverty, Zero hunger, Decent work and Economic growth, Climate Action, Responsible Consumption and production, serta Good Health and wellbeing.

Melalui komitmen itu, TaniHub Group meyakini upaya saat ini dan yang akan datang berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, terutama yang bekerja sebagai petani dan pemilik usaha kecil yang terkait pertanian.

TaniHub Group berharap, turut terlibatnya investor global yang fokus pada impact investing atau penciptaan dampak sosial akan membantu untuk mengakselerasi langkah dalam mencapai tujuannya.

(wn; Bahan dari : https://www.indotelko.com/read/1621817481/mdiventures-tanihub)-FatchurR *

*** Anda pemainn UMKM bergerak dibidang bertalian? Silahkan dimanfaatkan (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close