Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Yoga Virtual YWC Jabar (17-06-2021) Dan Kenalii Masa Inkubasi Covid-19

Pada hari Kamis jam 0830 kembali Mas Diki Akbari dan Kang Ilyas beraksi melayani  Kami para Pensiunan Telkom pelanggan Yakes Jabar. Terima kasih Yakes, yang memberi  kami optimis untuk tetap  sehat melalui Yoga Virtual, setidaknya tampak dari senyum yang kelihatan dari para pesertanya

Tentu Anda masih ingat bahwa YWC Jabar di Jalan Ciliwung ditutup beberapa hari karena ada proses penyemprotan Desinfektan dan test Swab para kru nya. Tadi saya juga menerima kabar salah seorang Kru nya berinisial G masih Isolasi Mandiri dan belum genap 14 hari untuk bergabung kembali melayani kami.

Mungkin anda ada yang penasaran dengan berita tersebut. Maka terlepas dari itu semua, saya teringat awal awal Covid-19 merebak dan belum meningkat jadi Pandemi.

Ketika itu Senam berlangsung di Lapangan Tegallega dilanjutkan dengan Ceramah Kesehhatan oleh dr. Ferry Perdana Asman Dalmed Yakes Jabar, yang sebagian rangkuman isinya sesuai persepsi saya adalah :

Informasi terkait Covid-19 penting untuk menghindari penularan. Bahwa masa inkubasi dimulai ketika seseorang terinfeksi virus hingga akhirnya muncul gejala.

Masa inkubasi ini kritis penularan, karena mereka yang terinfeksi tetap bisa menularkan virus Corona walau yang bersangkutan belum muncul gejala. Jadi fase paling menularkan itu beberapa hari sebelum munculnya gejala.

Dengan alasan itu, dimasa inkubasi dianjurkan mengisolasi diri, seeperti yang kini dilakukan sahabat saya kang G. Jika tidak tahu pasti apakah seseorang terinfeksi atau tidak karena tidak ada gejala, maka isolasi dianjurkan setelah melakukan kegiatan seperti kumpul-kumpul atau bepergian yang berisiko

Berdasarkan penelitian, rata-rata masa inkubasi COVID-19 itu 5 hari. Tim peneliti melakukan pengamatan terhadap beberapa pasien.

Hasilnya menunjukkan, rata-rata pasien butuh 5 hari itu sampai gejala awal seperti sesak napas muncul. Hal ini selaras dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang mengungkapkan masa inkubasi bisa berlangsung 4-5 hari.

Namun, di beberapa kasus masa inkubasi ini bisa butuh hingga 27 hari sampai gejalanya berkembang. Gejala khas pertama kali setelah pasien terinfeksi virus meliputi demam, batuk kering, anosmia atau kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa, hingga kelelahan.

Gejala itu bisa hilang dalam waktu minimal satu minggu dan bisa lebih lama tergantung kondisi pasien.

Pada pasien dengan kondisi parah dan mengalami gejala seperti sesak napas bisa berkembang selama 7-10 hari. Rata-rata mereka yang mengalami gejala ini dilakukan perawatan intensif di hari ke-10.

Menurut WHO, pasien butuh masa pemulihan 2-6 minggu. Tetapi, hal ini tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan juga cara pengobatannya.

Kalau kondisinya ringan, pemulihan bisa saja hanya 2-3 minggu. Namun, untuk kasus parah atau kritis bisa lebih lama (3-6) minggu. Untuk itu, mas G sudah benar bahwa dia butuh 2-14 hari harus dioptimalkan dan istirahat dari kegiatan YWC agar diketahui perkembangan gejala Corona yang muncul.

Tentu Anda sependapat dengan saya bahwa dari uraian tadi dapat disimpulkan bahwa :

1-Anda jangan ambil risiko melanggar Prokes 5M walau berkumpul dengan person yang tidak Anda kenali benar, walau mereka tanpa gejala. Karena bisa berpotensi menularkan penyakit

2-Ingat pesan Ibu : Disiplin melakukan gerakan 5M yaitu : Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Lebih ideal plus asupan Gizi seimbang dan ikut Senam Virtual yang diselenggarakan YWC (Yakes Area Jabar) agar imunitas kita tidak menurun.

#SehatTekadKita; #MelayaniDenganCinta

Selain itu Anda mestinya tahu gading. “Bahwa tiada gading yang tak retak”. Artinya kami buka peluang bagi bagi Anda yag mau mengoreksi tulisan ini termasuk teman teman yang mendengarkan langsung saat di Lapangan Tegallega hari Rabu sekitar setahun lalu, Saya siap meralat..

Kembali pada kegiatan Senam Yoga tanggal (17-06-2021) diikuti 28 orang dengan diantaranya yang sempat tercatat Namanya adalah bapak/Ibu :

Dari Cianjur : Suwandi

Dari : Dapen tampak : Ari Sudradjat

Klub Sukabumi : Dirianto; Arifin dengan istri; Sujoko

Mabes : Suroto plus Diah dan M. Rifai dengan pasangannya

Eks : LongHill : Koesharijani, Wiwiek Hendhayani, Sri Widayati

YWC/Fico : Yunyun Komalasari, Hadiyanto, Hermi Krishermi, Hadiyanti, Tuti plus Paimin, Yuli Ginting

Klub BLA Tegallega Bandung Selatan :

  1. Djuhana/500067.000
  2. Fatchur Rochman/490197.000
  3. Entin Rustini/640498.000
  4. Esih/500825.100

(Dukungan data dari Djuhana; KJS BLA Tegallega )-FatchurR

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close