Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Yoga Virtual YWC Jabar (21-06-2021) Dan Sehat Dan Hoax

Hari Senin tanggal (21-06-2021) kembali Yakes Telkom Area Jabar (YWC) yang diwakili mas Diki Bersama Kang Usep Zaenal (menurut jadwalnya) beraksi melayani Pensiunan, yang merindukan sehat melalui Yoga Virtual sebagai upaya pencegahan.

Anda tidak salah jika  Yoga dikaitkan dengan kata Sehat. Karena menuju sehat itu minimal Yoga (atau senam / OR lain); dan asupan makanan bergizi seimbang

Sehat bahagia dan tidak stres bisa kita dapatkan antara lain dari Senam Yoga. Namun goal ini bisa saja terganggu misalnya karena kita percaya kepada berita Hoax yang kemungkinan menyebabkan kita cemas, khawatir atau salah bertindak jika kita tidak melakukan cek dan ricek atas Hoaxa yang kita terima

Belum lagi jika Anda Hoax forward, maka ini perilaku yang berpotensi melanggar UU ITE dan Risiko lainnya antara lain bisa berbahaya, apalagi menyangkut kesehatan seperti contoh dan kisah berikut ini Hoax yang sempat singggah di berita grup WA saya :

1-Saya sempat baca  unggahan berisi anjuran untuk menghindari ke rumah sakit saat Covid-19. Namun sudah dihapus pengunggah dan tidak ditemukan lagi (30/5/2020). Ternyata sebagian besar info yang viral itu menyesatkan.

2-Contoh lain : Jika Anda batuk, pilek, demam, anggap Anda terpapar Covid-19. Gak usah ke usah ke dokter, Obatnya gampang kok :

a-Jika batuk, ambil jeruk nipis potong jadi dua peras & masukkan ke air mendidih, minum saat hangat² tambah Madu/gula jawa.

b-Jika panas & batuk beli obat Aspirin 100mg, dan paracetamol, minum vitamin atau perbanyak makan sayur & buah²an. Jangan makan buah yg banyak getahnya.

c-Sesak nafas?; cobalah masak air saat air mendidih, uapkan hidung dan mulut diatas air mendidih itu (istilahnya Nebul).  Lakukan 2x/hari.

Jangan Mau Dirujuk Ke RS Kecuali parah. Istirahat di rumah aja sampai bener² sehat. Ingat! Covid tidak sehebat seperti video² yang viral. Buang rasa takut pada Covid jauh², karena obatnya ada didapur Anda.

Ingat jangan remehkan Covid-19, mengikuti prokes. InshaAllah tidak lama lagi terungkap, ada tujuan apa di balik Covid ini. Covid itu hanya penyakit batuk, pilek biasa! Berpikir positif hilangkan rasa was² dan takut, itu akan menambah imun kita naik. Selamat Tinggal Tinggal Covid-19.”

Namun benarkah sebaiknya menghindari RS meski ada gejala Covid-19? Apakah Covid-19 hanya batuk pilek biasa? Anda  mau berobat mandiri karena batuk pilek seperti info itu?

Dokter mengonfirmasi sebagian besar info yang disebutkan itu salah (hoaks). Jika Anda bergejala Covid-19, segeralah melaporkan ke Poliklinik/TPKK Yakes atau ke RS, jangan terlambat. Sebab, akibat Hoax, Pasien Covid-19 yang terlambat datang ke RS banyak yang  meninggal.

Lebih cepat datang ke Poliklinik / RS, lebih cepat dapat pengobatan apabila masuk dengan kondisi orang dalam pantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP), itu sangat baik.

Jadi jika Anda berstatus ODP dan PDP, dan bergejala Covid-19, ada tindakan medis yang harus dilakukan petugas medis. Pasien ODP atau PDP ini harus diperiksa apakah ada keluhan demam, batuk, dan pilek karena Covid-19 atau tidak. Pihak Poliklinik / TPKK Telkom akan segera merujuk ke RS

“Kita perlu periksa darah atau rapid test, apalagi jika ada riwayat kontak, jika ODP dan PDP dirawat akan dapat bisa menekan jumlah virus, sehingga inflamasi tidak berat”.

Waspadalah Nebul pakai air mendidih, karena uap panas ini berisiko iritasi pada kulit wajah, dam wajah bisa terluka. Bahwa gejala batuk dan pilek itu salah satu gejala infeksi Coviid-19 yang berdampak pada saluran pernapasan dan bisa mengakibatkan gagal napas.

Orang dengan PDP ringan atau orang tanpa gejala (OTG) dengan rapid test reaktif atau swab positif, dapat melakukan isolasi mandiri dengan arahan dari tenaga medis.

Orang berstatus PDP sedang dan PDP berat dapat dirujuk ke RS. Jangan remehkan Covid-19 dan kenali gejalanya. Yang harus dijalankan disiplin prokes 5M, ternasuk anggota keluarga serumah. Kalau butuh perawatan medis segera dilakukan. Yakes Telkom siap melayani dengan Pot Cintanya.

Kembali ke Laptop, eh maksud saya tentang Senam Yoga tadi, berdasarkan tanngkapan layar, yang ikut bersenam Yoga Virtual berjumlah : 45 berdasaarkan tangkapan layer dari Kru YWC.

Diantara peserta Yoga ini berdasarkan data yang  masuk dari KJS BLA :

  1. Djuhana/500067.000
  2. Entin Rustini/640498.000
  3. Esih/500825.100
  4. Tatang Kartiwa/490347.000
  5. Sumariswati.

Yang berbeda sebagiann anggota BLA ber-OR Mandiri  :

  1. ATANG/350314.000 Senam Mandiri.
  2. MEMET RS/470027.000 Jalan Santai.
  3. SITI HARUTI/470027.100 Jalan Santai.
  4. SUKAENI/550697.100 Treadmiil.
  5. ENOK ROSDIANA/532182.100 Senam Mandiri.
  6. IDA FARIDA/490800.100 Senam Mandiri.

Yang lain, silahkan masing Ketua Senam menginformasikan pesertanya, kepada FR

(Djuhana KJS BLA Tegallega dan FatchurR)

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close