Aku cinta Indonesia

Rebana Di Rencana Jadi Tujuan Investasi terbaik Asia Tenggara

(cnnindonesia.com)- BANDUNG, Gubernur Jabar Ridwal Kamil ingin menjadikan Kawasan Metropolitan Rebana sebagai destinasi investasi terbaik di Asia Tenggara.

Hal itu disampaikan dalam telekonferensi dengan Tim Penyusun Perpres terkait Penyampaian Rincian Proyek Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Bagian Selatan, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, (18/6).

“Target saya, rebana itu kawasan destinasi terbaik Asean. Mimpi saya ingin sekelas Asean, saya bermimpi kawasan rebana didesain sebagai the best destinasi investasi di Asean,” kata pria yang disapa Emil ini.

Pemprov Jabar bersama pemangku kebijakan tak hanya membangun kawasan industri saja melainkan membangun peradaban yang berbentuk kota. Rencananya, akan ada 13 kota di Kawasan Metropolitan Rebana.

“Kami ciptakan peradaban maka bentuk kota yang jumlahnya ±13 kota. Kalau kota berarti ada alun-alun, ada jalan utama seperti Sudirman Thamrin, ada CBD, dan di luar itu ada zona industri,” ujar mantan Wali Kota Bandung itu.

Emil juga menyebut akan mengkoneksikan satu tempat dengan yang lainnya. Sehingga, masyarakat bisa dekat antara tempat kerja dengan tempat tinggalnya.

“Rebana kalau berhasil kita kawal dengan Perpres ini, maka akan jadi futuristik region di Indonesia. Asal dengan rumus yang membentuk klaster kota masa depan dan tempat kerjanya dekat dengan tempat tinggal, dan kalau mau rekreasi juga ada di situ,” cetus dia.

Adanya Kawasan Rebana akan berdampak besar bagi perekonomian. Terlebih, kawasan ini juga ditargetkan bisa menciptakan 3-5 juta lapangan pekerjaan.

“Karena itu konsep rebana kami tidak mau mendesain pabrik saja seperti di Bekasi Karawang,” ujarnya. Selain membangun kawasan rebana yang mencakup Sumedang, Majalengka, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Cirebon, Emil juga ingin membangun kawasan Jawa Barat bagian selatan.

Jabar selatan berpotensi pariwisata luar biasa. Sayangnya, wilayah selatan belum tersentuh infrastruktur. “Jabar selatan potensinya besar tapi infrastruktur untuk ekonomi pariwisata,” katanya. Dia menjelaskan, pembangunan infrastruktur di Jabar (selatan) mengusung 3 konsep yaitu pariwisata, pertanian dan aquaculture.

“Mudah-mudahan dalam list of project itu ada tiga spirit tadi dan jangan bikin macam-macam yang tidak connect dengan pariwisata, pertanian dan maritim ekonomi,” ujarnya.

(hyg/sfr; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210619045356-92-656506/rk-mau-rebana-jadi-tujuan-investasi-terbaik-asia-tenggara)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close