Iptek dan Lingk. Hidup

Kejeniusan Almarhum John McAfee Bikin Antivirus

(inet.detik.com)- JAKARTA; Mendiang John McAfee, yang bunuh diri di penjara Spanyol, mungkin belakangan lebih terkenal karena kontroversinya. Namun kontribusi di jagat antivirus sangat besar.

McAfee mendirikan perusahaan antivirus dengan namanya ini, bekerja di banyak perusahaan prestisius seperti NASA dan Xerox, sebelum membangun perusahaannya (1987). Kala itu, virus komputer pertama mulai menyeruak.

“Dari sudut pandang sekuriti, dia membuat antivirus pertama yang bisa memindai banyak virus dalam sekali jalan,” kata profesor dari New York University, Justin Cappos.

Sebelum software antivirus McAfee diciptakan, virus komputer dijerat satu per satu. Seseorang harus menginstal program A untuk mengendalikan virus A, dan membuat program B untuk meringkus virus B. Nah, McAfee membuat inovasi di mana banyak virus bisa dikendalikan sekaligus.

Karena inovasi itulah, John McAfee menjadi besar dan mengalahkan rival semacam Norton. McAfee jadi andalan banyak orang untuk menangkal virus komputer.

“Pada saat produk mereka keluar, penting untuk punya antivirus karena tidak ada produk itu di Windows,” kata Cappos. Kini, Windows punya pertahanan sendiri dengan nama Windows Defender yang ada langsung di aplikasinya.

“Internet baru saja muncul, komputer mulai terkoneksi satu sama lain, maka virus banyak bertebaran,” kata Cappos yang dikutip detikNET dari Yahoo Finance. McAfee pensiun dari perusahaannya tahun 1994. Namun McAfee terus diandalkan sampai diakuisisi oleh Intel seharga USD 7,68 miliar tahun 2010.

Sejak pensiun, John McAfee banyak bertualang dan bikin kontroversi. Dia beberapa kali berurusan dengan hukum, sampai bunuh diri di penjara Spanyol usai pengadilan setuju ia diekstradisi ke AS atas tuduhan penggelapan pajak. Namun di luar urusan itu, tetap saja jasa McAfee di dunia antivirus menjulang tinggi.

(fyk; fyk; Fino Yurio Kristo; Bahan dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-5621334/melihat-kegeniusan-mendiang-john-mcafee-bikin-antivirus?tag_from=wpm_cb_lifestyle_4&utm_source=detik.com&utm_medium=referral&_ga=2.115571398.1713501445.1624540553-463280980.1577558259)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close