Iptek dan Lingk. Hidup

Laba Laba Menjerat Mangsanya Dengan Perangkap Daun

(sains.sindonews.com)-JAKARTA; Laba-laba pemburu di Madagaskar termasuk hewan cerdik memikat mangsanya masuk perangkap. Penelitian di Madagaskar, seekor laba-laba membuat perangkap dari daun agar katak berteduh dan kemudian menjeratnya.

Dikutip dari Livescience, tahun 2017 peneliti melihat laba-laba genus Damastes memakan katak pohon Heterixalus andrakata. Dan ini kedua kalinya laba-laba Madagaskar memakan katak. Laba-laba itu menikmati makanannya sambil berjongkok di perangkap yang dibuat dari dua daun yang menempel di pohon. Ujung daunnya disegel bersama sutra laba-laba, meninggalkan lubang kecil untuk berteduh.

Penemuan sebelumnya laba-laba membangun jebakan daun ini sehingga dapat menyergap katak yang mencari tempat istirahat untuk berteduh. Laba-laba di unia melahap hingga 880 juta ton serangga tiap tahun, tapi hewan dengan tulang punggung juga dapat masuk ke menu makan malam arakhnida.

Laba-laba tropis memakan kadal, ikan, katak, dan mamalia, menyebabkan “jumlah kematian yang mengejutkan” di antara vertebrata kecil di Amazon Peru, lapor Live Science sebelumnya.

Laba-laba pemakan kelelawar hidup di setiap benua kecuali Antartika, dan foto-foto viral menunjukkan keragaman mangsa laba-laba, termasuk kecebong di India barat, ikan mas peliharaan di Afrika Selatan, dan seekor kuskus kerdil di Tasmania Selatan.

Peneliti di departemen Keanekaragaman Hayati, Makroekologi dan Biogeografi di Universitas Gottingen di Jerman, Dominic Martin mengatakan, katak H. andrakata panjangnya satu inci (32 mm), sedikit lebih besar dari laba-laba Damastes yang memburu mereka. Martin menulis penelitian yang mendeskripsikan perangkap daun laba-laba, yang diterbitkan online pada 11/12/2020 di jurnal Ecology and Evolution

Peneliti menemukan laba-laba pemakan katak bersembunyi di antara sepasang daun tenunan sutra sampai melihat buruannya terperangkap. Jika masuk perangkap, laba-laba melumpuhkan katak dengan menancapkan taringnya ke kepala katak.

Laba-laba membangun jebakan dan mereka dapat bersembunyi dari predator mereka. “Perilaku laba-laba pemburu yang tertangkap basah saat memakan kodok menunjukkan laba-laba ini mungkin menenun daun sebagai perangkap untuk menangkap katak yang mencari perlindungan pada siang hari,” kata Martin kepada Live Science melalui email.

“Katak tergoda bersembunyi di antara daun yang bergabung dengan rapi untuk menghindari dehidrasi dan pemangsaan, misalnya dari burung,” katanya.

(ysw; Yudi Setyowibowo;  Bahan dari : https://sains.sindonews.com/read/306228/766/laba-laba-pintar-ini-menjerat-mangsanya-dengan-perangkap-daun-1611028911)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close