Aku cinta Indonesia

Sambut HUT RI Ke 76 KBRI Tokyo Gelar Wayang Kulit Berbahasa Jepang

(beritasatu.com)-TOKYO; Menyambut HUT RI Ke 76, KBRI Tokyo menggelar pementasan wayang kulit di Wisma Duta, KBRI Tokyo, (15/8/2021). Pementasan wayang ini digelar virtual itu berlakon Dewa Ruci dengan menampilkan Ki Dalang Rofit Ibrahim dari grup HanaJoss dan iringan grup gamelan Lambang Sari.

Dubes RI Heri Akhmadi, mengatakan pergelaran wayang kulit ini rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI. “Indonesia dan Jepang sebagai bangsa yang filosofi hidupnya mendalam. Lakon Dewa Ruci berkisah pencarian makna hidup. Semoga makin mempererat tali persaudaraan Indonesia-Jepang sebagai bangsa yang melestarikan tradisi, filosofi, dan warisan budaya,” ujar Dubes Heri.

Selain digelar virtual, pementasan wayang kulit ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal/Asisten Menteri Urusan Global Kemenlu  Jepang Keiichi Ono dan Ibu Hikariko Ono, mantan Dubes Jepang untuk RI Ishii Masafumi dan Ibu Sayoko Ishii, serta pemimpin perusahaan dan asosiasi bisnis Jepang.

Mantan Dubes Ishii Masafumi mengapresiasi acara wayang kulit berbahasa Jepang ini. “Selamat hari kemerdekaan. Ini hari yang membahagiakan dengan penyelenggaraan wayang kulit. Saya terkesan dengan wayang yang dikemas berbahasa Jepang. Favorit dalam wayang ini adanya selipan adegan humor,” ujar Ishii Masafumi.

Ki Dalang Rofit Ibharim (34) dan istrinya Hiromi Sasako (sinden) konsisten mempromosikan gamelan khas Jawa dan seni pewayangan di Jepang sejak 16 tahun lalu. Rofit lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogya membentuk kelompok gamelan HannaJoss dan mendirikan Bintang Laras, sekolah musik gamelan di rumahnya,

Acara wayang kulit berbahasa Jepang ini disaksikan oleh penonton media sosial di hampir seluruh belahan negara. Lakon Dewa Ruci merupakan salah satu dewa dalam epos cerita pewayangan Mahabarata. Lakon ini berkisah tentang pertemuan Dewa Ruci dengan tokoh Pandawa Lima, Bima atau Werkudara.

Dalam kisah ini, Bima tengah menjalankan misi mencari air kehidupan. Perjalanan Bima mencari air kehidupan yang penuh dinamika ini sarat pesan moral tentang perjuangan manusia mengalahkan hawa nafsu.

(AO; Asni Oliver; Bahan dari : https://www.beritasatu.com/hiburan/814277/sambut-hut-ke76-kemerdekaan-ri-kbri-tokyo-gelar-wayang-kulit-berbahasa-jepang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close