Aku cinta Indonesia

Simon Alumni Penerima Beasiswa LPDP Yang Berdayakan Papua

(detik.com/edu)-JAKARTA; Simon Tabuni peraih Beasiswa LPDP. Dia raih karena kegigihannya dan kerja kerasnya. Awalnya ia ragu atas kemampuan berbahasa Inggrisnya, namun berkat kerja kerasnya dan semangat pantang menyerah, ia lolos jadi penerima beasiswa LPDP.

Pemuda asal Manokwari ini berhasil menempuh studi lanjut di School of Oriental and African Study (SOAS), University of London. Walau  ragu pada kemampuan Bahasa Inggris, ia melatihnya dengan ikut kompetisi Bahasa Inggris.

Awal ikut kompetisi Bahasa Inggris itu, dia selalu gagal. Namun memotivasi dirinya untuk belajar Bahasa Inggris lebih giatlagi. Tak tanggung-tanggung berkat kegigihannya, ia berhasil berkuliah di Inggris.

Tak hanya keinginan kuat melanjutkan studi, peraih Beasiswa LjPDP ini uga membantu memberdayakan Papua. Usai studi di Inggris, Simon mendirikan komunitas untuk pemuda : Papua Inspiratif.

Dikutip dari Instagram LPDP, (26/6/2021), Simon menginisiasi berbagai program misalnya Angkat Mama Papua, gerakan kewirausahaan untuk mengangkat ekonomi mama Papua di pedalaman (khususnya Pegunungan Arfak) dengan membuka pemasaran yang luas memanfaatkan medsos @anggi_mart dan mendorong pembuatan produk olahan.

Simon juga membantu membangun kreatifitas pemuda Papua dengan mendirikan Fasilitasi Kreatifitas dan Inovatif Anak Papua (Fastra). Fastra ini berupaya mendeteksi dan memfasilitasi talenta muda Papua.

Fastra bertujuan mendorong potensi diri anak Papua dengan mengubah hobi atau kesenangan anak-anak muda menjadi bernilai jual dan membuka lapangan pekerjaan.

Selain itu di bidang lingkungan, Simon membantu program Revitalisasi Taman dan Fungsinya (Remang). Remang ini gerakan mengaktifkan atau merevitalisasi kembali taman kota dan merevitalisasi fungsinya.

Awalnya taman di Papua berfungsi sebagai rekreasi, namun Simon integrasikan dengan pengembangan atau pemberdayaan ekonomi kecil yang digerakkan masyarakat yang tinggal di seputar taman kota.

Atas kontribusi membangun Papua, tahun 2020 Simon Tabuni diganjar penghargaan Tokoh Pemuda Inspiratif di acara Papua Barat Innovation Award. Peraih Beasiswa LPDP ini berharap banyak generasi muda yang terinspirasi dan termotivasi memberi dampak positif untuk Papua. detikers jg bisa seperti Simon.

(nwy/nwy; Anatasia Anjani; Bahan dari : https://www.detik.com/edu/beasiswa/d-5620704/kisah-simon-alumni-penerima-beasiswa-lpdp-yang-berdayakan-papua)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close