Iptek dan Lingk. Hidup

Akan Dilarang Sendok Garpu Plastik

(beritasatu.com)-LONDON; Inggris akan melarang sendok dan garpu plastik, serta gelas polistiren untuk mengurangi sampah. Lebih dari sejuta burung dan 100.000 mamalia laut dan kura-kura mati tiap tahun setelah makan sampah plastik atau terjerat di dalamnya.

Seperti dilaporkan Skynews, (28/8/2021), menurut Departemen Lingkungan, Makanan dan Urusan Pedesaan, tiap orang menggunakan 18 piring plastik 1x pakai dan 37 peralatan makan plastik 1x pakai setiap tahun di Inggris.

“Kita melihat kerusakan yang dilakukan plastik pada lingkungan. Benar kami menerapkan langkah yang akan mengatasi plastik yang berserakan sembarangan di taman dan ruang hijau dan terdampar di pantai,” ujar Menteri Lingkungan George Eustice.

Tetapi daya tahan yang membuat peralatan makan plastik sangat berguna juga berarti dapat bertahan berabad-abad di tempat pembuangan sampah, pedesaan, atau laut.

Otoritas akan berusaha untuk melarang peralatan makan plastik sekali pakai, dengan sejumlah alternatif yang dapat digunakan kembali tersedia untuk bisnis.

“Kami telah membuat kemajuan mengubah arus plastik, melarang pasokan sedotan plastik, pengaduk dan cotton buds, sementara biaya tas pembawa kami telah memangkas penjualan 95% di supermarket utama,” tambah Eustice.

Konsultasi pemerintah diluncurkan pada musim gugur tentang kemungkinan larangan itu. “Sekarang kami ingin melangkah lebih jauh saat kami membangun kembali yang lebih hijau. Rencana ini membantu kita menghilangkan penggunaan plastik yang tidak perlu yang merusak lingkungan alam kita,” paparnya.

Jo Morley, kepala kampanye di City to Sea, mengatakan, menyambut baik berita bahwa pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi beberapa barang sekali pakai yang paling berpolusi.

“Ini langkah dibutuhkan yang kami sebagai juru kampanye serukan, bersama ribuan pendukung dan anggota masyarakat. Kita perlu mengambil peran utama dalam melarang plastik sekali pakai yang tidak perlu untuk melihat manfaat nyata bagi bangsa dan satwa liar dunia,” tambahnya.

Usulan tersebut mengikuti upaya lingkungan lainnya, termasuk larangan microbeads, mengurangi jumlah kantong plastik yang digunakan, dan membatasi sedotan sekali pakai, pengaduk, dan cotton buds.

(Unggul Wirawan; WIR;  Bahan dari :  BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/dunia/820303/inggris-akan-larang-sendok-dan-garpu-plastik)-FatchurR *

*** Kita wajib peduli lingkungan dengan melakukan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close