Aku cinta Indonesia

Heboh Kereta Cepat JKT-BDG Dicap Proyek Jebakan China

(finance.detik.com)-JAKARTA; Mantan SekMen BUMN, Said Didu menyoroti proyek pembangunan antara Indonesia-China yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, proyek ini menimbulkan jebakan China.

“Jebakan Proyek KA Cepat China, Jakarta-Bandung itu pintu masuk China untuk aneksasi infrastruktur strategis di Indonesia,” kata Said melalui akun twitter pribadinya.

Saat dihubungi detikcom, dia katakan alasan membuat postingannya. Proyek kereta cepat dipastikan tidak akan balik modal sehingga kesempatan ini dimanfaatkan China untuk mengakuisisi proyek infrastruktur strategis lain yang ada di Indonesia.

“Jelas proyek tak layak, dan dipastikan tak akan kembali modal, sudah dipastikan. Sehingga diperkirakan kalau proyeknya tidak layak dan tidak bisa bayar utang maka biasanya China minta kompensasi terhadap infrastruktur lain,” kata Said ke detikcom, dikutip Sabtu (18/9/2021).

Dia bilang, proyek yang diakuisisi bisa berbagai macam, misalnya bandara, pelabuhan, atau proyek kereta api lain. Menurutnya, itulah karakteristik China.

“Kenapa saya sebut jebakan? Di negara Timur Tengah dan Afrika, China melakukan hal sama, membangun infrastruktur rakyat lalu mengakuisisi infrastruktur lain, salah satu negara Afrika sampai mengubah mata uang jadi yuan. Indonesia ini  strategis untuk China,” sambungnya.

Di sisi lain, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara. Lewat juru bicara Luhut, Jodi Mahardi, argumen dari Said Didu ditolak mentah-mentah.

Pernyataan soal proyek Kereta Cepat jadi jebakan China dinilai tidak benar, cenderung tidak masuk akal. Jodi menegaskan China tidak akan mengakuisisi proyek infrastruktur seperti tudingan Didu. “Tidak benar komentar itu. Apalagi China akan akuisisi proyek infrastruktur lain, terlalu jauh itu,” ungkap Jodi.

Justru Jodi mempertanyakan argumen soal proyek diakuisisi oleh China. “Proyek infrastruktur bisa dibawa pulang ke Tiongkok?” . Diakui Jodi, proyek ini dipantau langsung oleh Luhut mulai November 2019. Sejak saat itu juga, PT KCIC selaku penanggung jawab proyek melakukan efisiensi di segala aspek

Baca artikel detikfinance, “Heboh Kereta Cepat JKT-BDG Dicap Proyek Jebakan China” selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5729106/heboh-kereta-cepat-jkt-bdg-dicap-proyek-jebakan-china. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

(eds/eds; Siti Fatimah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close