Iptek dan Lingk. Hidup

Muncul Tol Di Atas Awan Tertinggi Di Dunia

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Di manakah tol tertinggi di dunia? jawabnya di China. Tol ini penghubungn Kota Nagchu (Nagqu) dan Lhasa ibu kota China Barat daya, Tibet.

Jalan tol ini dibuka penuh pada (21/8/2021) seperti dilaporkan China Daily, dengan pembukaan bagian akhir sepanjang 227 km antara Nagchu dan Yangbajain, menurut Kementerian Transportasi China. Sebelumnya bagian jalan tol Yangbajain – Lhasa dibuka untuk lalu lintas pada Oktober 2020.

Total panjang tol ini 295 km dengan ketinggian rata-rata lebih dari 4.500 meter di atas permukaan laut, ruas ini juga menghubungkan Beijing dan Lhasa. Juga sebagai satu-satunya jalan tol pertama yang menghubungkan Lhasa dan padang rumput di Tibet Utara.

Beroperasinya tol ini mempersingkat perjalanan antara Lhasa dan kota Nagchu jadi 3 jam dari sebelumnya lebih dari 6 jam, atau memangkas separuhnya.

“Ini signifikan memperbesar kapasitas transportasi dan meningkatkan keamanan koridor penghubung Tibet dan Provinsi Qinghai di China Barat Laut,” kata ejabat Kementerian Transportasi China. Tol Nagchu-Lhasa, bagian dari sistem jalan raya di Tibet (1.105 km) ini, menurut akun WeChat resmi dari Kementerian Transportasi China seperti ditulis Globaltimes.

Terletak di ketinggian rata-rata lebih dari 4.500 meter di atas permukaan laut, membuat jalan tol tertinggi di dunia. Selain itu, jalan bebas hambatan adalah yang pertama menghubungkan Lhasa dan Tibet utara.

Jalan tol Nagchu-Lhasa ini bagian penting dari infrastruktur bagi Tibet untuk berpartisipasi dalam integrasi ekonomi regional di bawah Inisiatif Sabuk Jalan dan membangun saluran utama pembukaan dengan Asia Selatan, termasuk Nepal.

Jaringan Tol China-Nepal

Jalan tol tertinggi dunia ini merupakan salah satu bagian dari jalan yang bisa menghubungkan China-Nepal. Setelah Lhasa, ada jalan penghubung kedua negara, biasa disebut Jalan Persahabatan China-Nepal, adalah jalan sepanjang 806 Km yang menghubungkan Lhasa, ibu kota Tibet, dengan perbatasan Nepal di Jembatan Persahabatan Sino-Nepal antara Zhangmu dan Kodari.

Jaringan jalan kedua negara, secara keseluruhan mencakup ujung paling barat China dan paling timur, yang membentang dari Shanghai di Cina timur ke Zhangmu, dan mencakup jarak total 5.476 km.

(hoi/hoi; Emir Yanwardhana;   Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20210823082507-4-270347/muncul-tol-di-atas-awan-tertinggi-dunia-begini-faktanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close