Islam

Jamaah Umroh Diimbau Tidak Beli Air Zamzam Asongan

(republika.co.id/berita)-MAKKAH; Surat kabar lokal memperingatkan, air Zamzam yang dijual penjaga ekspatriat di luar pabrik air Kuday tidak higienis, dan bisa merusak kesehatan yang mengkonsumsinya.

Dikatakan, air dalam galon itu, dimungkinkan terdampak karena sinar matahari selama berjam-jam dan membuat air tidak aman lagi.

Dikatakan para penjaga yang menjual, hal itu dilakukan untuk membantu pembeli terhindar dari antrian panjang. Alhasil, para pembeli yang malas mengantri memutuskan untuk membelinya dari pedagang keliling.

Penjual keliling asal Pakistan, Mohammed Kalamiyyah dan Abdulrahman Shah, mengaku, mereka mulai menjual air Zamzam keliling sejak tahun lalu.

“Kami beli air dari pabrik untuk dijual kepada peziarah dan pengunjung dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Bisnis ini sekarang berkembang pesat,” kata Shah dikutip Saudi Gazette, Selasa (17/8).

Hal serupa juga dikatakan oleh Thani Amr dan Mohammed Sinda, yang juga orang Pakistan. Menurut mereka, pihaknya tidak beli atau menjual kontainer Zamzam, tapi membawa ke mobil pembeli dan dibayar untuk pekerjaan ini.

“Kami terkadang mengantri untuk membeli air demi pelanggan kami dengan imbalan biaya,” kata Sinda.

Dengan maraknya usaha itu, sejumlah warga minta otoritas setempat menghentikan bisnis itu.

Lebih lengkapnya bisa anda lihat melalui Artikel ini yang telah tayang di : https://republika.co.id/berita/qxz502430/jamaah-umroh-diimbau-tak-beli-air-zamzam-asongan  (Bahan  dari : Rep: Zainur Mahsir/ Red: Muhammad Hafil)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close