Aku cinta Indonesia

Rencananya Pelabuhan Kuala Tanjung Jadi Tempat Singgah Kapal Raksasa

(JAKARTA, Cuplikan dari : detikfinance)-Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara, Sumut disiapkan jadi transhipment port, yang dapat disinggahi kapal-kapal besar dari sejumlah negara.

Transhipment port merupakan pelabuhan hub ekspor, yaitu kargo dari kapal-kapal kecil di seluruh penjuru dialih-muatkan di kapal besar yang bersandar di pelabuhan untuk dikirim ke luar negeri dan sebaliknya.

“Pelabuhan Kuala Tanjung menggunakan konsep self generating port, yaitu kargo pelabuhan diperoleh dari kawasan pelabuhan itu sendiri. Kargo dihasilkan oleh industri-industri pada kawasan industri yang terintegrasi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung,” ujar Dirjen Perhubungan Laut, Arif Toha dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Pelabuhan Kuala Tanjung dikelola oleh KSOP Kelas III Kuala Tanjung selaku penyelenggara dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) selaku operator. Pelabuhan ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya lokasi yang strategis di Selat Malaka, salah satu rute perdagangan utama di dunia.

Kuala Tanjung akan terhubung oleh jalan toll Trans Sumatera yang sedang dalam pengerjaan. Dan tersedia jalur Kereta Api sehingga akan lebih memudahkan konektivitas dari dan ke pelabuhan

Baca ledbih lengkap dan sesuai asli dari artikel detikfinance, “Pelabuhan Kuala Tanjung Mau

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-6315763/pelabuhan-kuala-tanjung-mau-jadi-tempat-singgah-kapal-raksasa-ini-rencananya

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

(Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close