Aku cinta Indonesia

4 Fakta Tol Atas Laut Semarang yang Mulai Beroperasi Akhir

(Cuplikan dari detik.com)-JAKARTA;  Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan Tol Semarang-Demak Seksi 2 akan beroperasi akhir-2022. Progres dari tol atas laut itu kini telah 97,82%.

Berikut fakta-faktanya:

1-Beroperasi Akhir 2022

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan progres  Tol Semarang-Demak Seksi 2 (16,31 km) mencapai 97,82%. Diharapkan tol ini beroperasi akhir-2022.  Hal itu disampaikan saat mengecek tahap akhir penyelesaian konstruksi Tol  itu sebelum dioperasikan (21/10)

“Harapannya akhir-2022 Seksi 2 bisa dioperasikan untuk mendukung libur NATARU akhir 2022, atau difungsionalkan jika belum keluar SK pengoperasian dan dinikmati masyarakat bersama-sama,” ujar Danang, tertulis, dikutip Sabtu (22/10/2022).

Dalam kesempatan sama, Direut PT PP Semarang-Demak Siswantono, Jalan Tol ini siap dioperasikan sepenuhnya awal Januari 2023, dan direncanakan November -Desember bisa di Uji Laik Fungsi. “Sehingga setelah Jalan Tol Seksi 2 ini beroperasi bisa ditempuh 45 menit perjalanan saja dan semakin lebih cepat,” tukasnya.

2-Kunci Kurangi Kemacetan Pantura

Danang menambahkan, tol ini jadi kunci penting mengurai kemacetan tinggi yang sering dialami pengendara yang melintas di Jalan Nasional Pantura sampai ke Demak. Sehingga penyelesaian Jalan Tol Semarang-Demak ini harus segera diselesaikan.

“Tol ini juga memberi akses mudah ke Demak, dan meningkatkan integrasi ekonomi, pariwisata hingga mendukung kelancaran arus logistik dari Barat ke Timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta,” tambah Danang.

3-Jalan Tol Atas Laut

Tol ini dikenal sebagai jalan tol atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang. Juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang jadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Tol itu panjangnya 26,7 km dan terbagi dua, yakni Seksi 1 (Semarang-Sayung) 10,69 km (porsi Pemerintah) dan dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara Seksi 2 (Sayung-Demak); 16,31 km porsi BUJT PT PP Semarang Demak yang ditargetkan akhir-2022 selesai konstruksinya secara keseluruhan dan dapat dioperasikan.

4-Sejarah Dibangunnya Jalan Tol Semarang-Demak

Pembangunan Tol Semarang-Demak diawali Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Tol Semarang-Demak sejak September 2019. PT PP Semarang Demak selaku badan usaha yang memenangi lelang, pelaksana perencanaan, pengembangan, pembangunan dan pengelolaan Tol Semarang-Demak.

Susunan kepemilikan saham Perseroan sebanyak 65%, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk  25% dan PT Misi Mulia Metrical sebanyak 10%.

Pengerjaan jalan tol 26,7 km ini terbagi 2, yakni Seksi 1 (Semarang/Kaligawe-Sayung) 10,39 km porsi Pemerintah, serta Seksi 2 (Sayung-Demak) 16,31 km porsi BUJT PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD).

Dalam catatan detikcom, seksi II dibangun Februari 2020, waktu itu ditargetkan rampung 2021. Berdasarkan laporan terakhir, pengerjaan seksi I dimulai pada akhir tahun 2022.

Pada Juli 2020, PT P), melaporkan proyek pembangunan tol seksi II berjalan 10%. Proyek pengerjaan tol seksi II itu ditargetkan rampung Maret 2022, mundur lantaran terkendala pandemi virus Corona (COVID-19).

Pembangunan Jalan Tol yang terintegrasi dengan tanggul laut, struktur timbunannya di atas laut, pembangunannya diperkuat oleh matras bambu setebal 13 lapis.

Selain matras bambu, penguatan kondisi tanah dengan pemasangan material pengalir vertikal pra-fabrikasi atau PVD serta melaksanakan pembebanan menggunakan material pasir laut yang diambil menggunakan alat Trailing Suction Hopping Dredger atau TSHD.

Tanggul laut terintegrasi jalan tol ini konstruksi yang pertama dilaksanakan di Indonesia sehingga akan jadi tantangan tersendiri bagi Kementerian PUPR dalam pelaksanaannya.

Tantangan berat lainnya proses pengadaan tanah yang terbentur pelaksanaan penentuan tanah musnah dan regulasi atau payung hukum yang belum terbit terkait penanganan dampak sosial atas tanah musnah dalam rangka pembangunan untuk kepentingan umum.

Baca artikel detikfinance, “4 Fakta Tol Atas Laut Semarang yang Mulai Beroperasi Akhir Tahun Ini” selengkapnya  https://finance.detik.com/moneter/d-6363558/4-fakta-tol-atas-laut-semarang-

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

; Oleh Aulia Damayanti; ada/zlf;

(Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close