Iptek dan Lingk. Hidup

Cara pindah gigi mobil matic saat lewat di tanjakan

(Cuplikan dari : oto.detik.com)-Jakarta; Berbeda dengan mobil manual, transmisi mobil matic memiliki huruf yang memiliki fungsi berbeda. Untuk bergerak maju misalnya, ada pilihan ‘D’ alias Drive.

Ada juga angka 1 dan 2, atau juga ‘L’ yang bisa membuat mobil bergerak ke depan pada gigi rendah dan umumnya digunakan di jalanan menanjak.

Pada posisi 1, biasanya posisi gigi dibatasi satu gigi. Begitu juga dengan 2, berarti mesin dibatasi hanya pada gigi 2. Sedang D biasanya untuk menjalankan mobil di posisi jalan mendatar.

Bagaimana cara perpindahan gigi dari D ke gigi rendah saat melintas di tanjakan. Mengutip laman Auto2000, ada 3 langkah yang bisa diterapkan untuk memindahkan gigi mobil matic saat berada di tanjakan sebagai berikut.

1-Sebelum Jalan Menanjak

Pindahkan tuas transmisi D gigi lebih rendah misal 1 atau L ketika jalanan mulai menanjak. Untuk menanjak, mobil butuh kekuatan torsi lebih tinggi. Kalau tidak mendapatkan momentum, maka mobil akan kehilangan tenaga. Kehilangan tenaga ini akan membuat mobil sulit menanjak. Bila tanjakannya tidak terlalu curam, kita masih bisa memindahkan tuas transmisi

2-Tak Perlu Injak Rem saat Pindahkan Tuas

Ketika memindahkan tuas dari D ke posisi gigi yang lebih rendah, kita tak perlu menginjak pedal rem. Kita hanya perlu melepas pedal gas, baru memindahkan tuas ke posisi gigi yang diinginkan.

Perlu diingat, perpindahan gigi di mobil matic juga dilakukan bertahap. Bila sebelumnya di posisi D, maka posisi berikutnya adalah 1 atau L. Rem digunakan saat posisi mobil terjebak macet. Pun ketika terjebak macet, tuas transmisi dipindahkan ke Netral.

3-Injak Pedal Gas Secara Tepat

Ketika posisi gigi sudah dipindahkan, maka pengendara juga perlu menginjak pedal gas dalam supaya mendapat tenaga lebih optimal.

Baca artikel detikoto, “Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat Lewat di Tanjakan” selengkapnya  https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-6362429/cara-pindah-gigi-mobil-matic-saat-lewat-di-tanjaka; Oleh dry/din; Dina Rayanti

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

(Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close