Iptek dan Lingk. Hidup

Pemkot Bandung atasi banjir dengan 3 Tangki Raksasa

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID – Menghadapi musim hujan, Pemkot Bandung mulai menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi banjir yang jadi masalah tahunan. Rencananya, tahun depan Pemkot Bandung membangun 3 tangki raksasa bawah tanah (ground reservoir) untuk menyerap genangan air.

 

Proyek tersebut diberi nama Tabir Bandung (Tabungan Air Bandung). Tangki yang memiliki kedalaman sekitar 30 meter itu akan dibangun di kawasan Gedebage di Jalan Soekarno Hatta, yang merupakan daerah langganan banjir.

 

“Ini rencananya tahun depan akan dijadikan proyek penanggulangan banjir di bawah tanah ini akan dibangun tiga reservoir raksasa seukuran drum yang ada di Depo Pertamina tapi disimpan di bawah tanah. Sehingga banjir Gedebage nanti ditampung di sini,” tutur Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, saat blusukan di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (8/10/2015).

 

Selain itu, ujar Emil, air yang tertampung dalam tangki tersebut dapat disimpan sebagai cadangan air saat musim kemarau. Proyek tersebut bakal menghabiskan biaya APBD sekitar Rp 30 miliar. “Sehingga bisa jadi cadangan air yang bisa dikonversi jadi air minum. Jadi salah satu prinsip Pemkot berupaya mengalirkan air kembali ke tanah bukan mengalirkan air ke sungai,” papar Emil.

 

Dia menjelaskan, teknologi proyek tersebut merupakan karya Profesor Rusnandi, salah seorang dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga sebagai staf pengajar di Delft University of Technology Belanda.

 

“Ide anak bangsa orang Bandung nanti dipatenkan juga. Desainnya seperti botol gendut di bawah tanah. Kalau air penuh dibuka klepnya (air) langsung hilang ke tanah,” tambah Emil.

 

Selain itu, Pemkot Bandung juga bakal membangun dua danau buatan yang berfungsi untuk menampung air di kawasan Bandung Teknopolis. Nantinya, danau tersebut akan terkoneksi dengan reservoir raksasa itu.

 

“Danau itu di sebelah peti kemas Gedebage.Sedang pembebasan oleh pemprov. Nanti terkoneksi satu sama lain,” dia menjelaskan. (Kompas.com dan http://jabar.tribunnews.com/2015/10/08/atasi-banjir-pemkot-bandung-bangun-tiga-tangki-raksasa-bawah-tanah)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close