Psikologi

Serial-Belajar Dari Kehidupan Binatang-Semut Dan Kerjasamanya

(Cuplikan dari : www.indonesiana.id)-Manusia dan hewan hidup berdampingan sejak dulu dan menghasilkan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) satu dengan yang lain.

Manusia memelihara hewan dengan baik dan binatang jadi bahan makanan manusia. Binatang juga jadi hiburan bagi jiwa kita melalui tingkah yang unik dan menggemaskan.

Kita bisa dan mampu mendapat inspirasi dari tingkah laku hewan yang kadang dianggap sepele. Manusia bisa jadi hidupnya kalah dengan hewan dalam menerapkan satu hal di kehidupannya.  Tingkah laku binatang sering kali jadi inspirasi besar yang bisa menuntun kita mencapai sukses dalam hidup. Marilah kita melihat : Semut tentang kerja sama, kesetiakawanan, dan kekeluargaan

Ketika kita lihat semut sehari-hari,  Tentu kita mendapat pemikiran terbaik dari tingkah laknya. Mereka mengajarkan manusia bahwa kerja sama itu penting. Mereka tidak pernah memonopoli makanan sendirian.

Mereka selalu bergerombol untuk mengangkat makanan ke sarangnya dan menikmati bersama. Tidak peduli pangkat mereka dalam kawanan, kerja sama itu selalu menjadi keharusan.

Mereka juga mengajarkan kata kata terbaik mengenai kesetiakawanan.

Ketika ada makanan, mereka selalu mengupayakan berbagi makanan itu kepada kawannya. Mereka tidak pernah hidup dalam keegoisan diri. Sebaliknya, ketika sahabatnya mati, mereka mengangkat tubuh kawannya ke sarang untuk bersedih bersama-sama. Itulah kesetiakawanan yang diajarkan semut. Apapun yang terjadi, mereka selalu ada.

Semut mengajarkan cara kekeluargaaan. Seberapapun sibuknya, mereka menyapa kawannya di tengah perjalanan menuju makanan. Tak peduli apalah saling kenal, mereka akan berusaha untuk selalu menyapa satu sama lain.

(Bahan  dari :  https://www.indonesiana.id/read/68151/pelajaran-hidup-dari-binatang-untuk-manusia)-Diedit dan dimuat ulang oleh : FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close