Aku cinta Indonesia

Tol Cibitung-Cilincing Jadi Karpet Merah Bagi Truk

(Cuplikan dari  https://finance.detik.com; Jakarta)- Presiden meresmikan jalan tol Cibitung-Cilincing. Tol itu jadi ‘karpet merah’ untuk mempercepat mobilitas truk barang dari kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan sekitarnya ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

“Barang-barang dari kawasan industri di Bekasi utara dan kawasan logistik yang ada di Karawang, Bekasi, sehingga bisa cepat diantarkan kepada pelabuhan di Jakarta Utara,” papar Jokowi saat meresmikan yang disiarkan virtual, (20/9/2022).

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan beberapa fitur unik  telah ditambahkan pada jalan tol Cibitung-Cilincing untuk menunjang fungsinya sebagai jalan tol bagi angkutan barang.

Fitur pertama adalah jalan tol yang terhubung langsung dengan pelabuhan, menurutnya truk barang bisa langsung masuk ke pelabuhan lewat jalan tol ini.

“Hampir semua kawasan industri 60-70% di kawasan timur dari Jakarta. Dari Cibitung, Cilincing, dan selanjutnya terkoneksikan kawasan industri ke New Priok atau Pelabuhan Tanjung Priok,” sebut Danang.

Kedua, akan ada pembangunan transit hub atau modifikasi dari rest area tol Cibitung-Cilincing yang jadi tempat konsolidasi para truk kontainer yang mau masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga, tak perlu ada kemacetan lagi di jalan masuk pelabuhan dengan adanya transit hub ini.

“Yang unik, keberadaan transit hub, yaitu modifikasi rest area khusus logistik yang akan berdiri dengan luas 40 ha. Ini jadi pusat konsolidasi dari kontainer yang masuk ke Tanjung Priok dan kurangi dwelling time ke Tanjung Priok,” sebut Danang.

Ketiga, Konstruksi jalan tol Cibitung-Cilincing lebih kuat dari jalan tol biasanya. Jalan tol ini akan lebih kuat digunakan dan dilewati kendaraan golongan II-V yaitu golongan kendaraan barang.

Lebih lengkap dan sesuai aslinya, maka silakan Baca artikel detikfinance,

“Kelebihan Tol Cibitung-Cilincing yang Jadi ‘Karpet Merah’ buat Truk Barang” selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruktur/d-6301388/kelebihan-tol-cibitung-cilincing-yang-jadi-karpet-merah-buat-truk-barang

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

(Herdi Alif Al Hikam- detikfinance dan disajikan ulang oleh FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close