Aku cinta Indonesia

Infrastruktur Dibangun di Stasiun Padalarang-

(Cuplikan dari: Kompas.com)-JAKARTA-Sejumlah infrastruktur dibangun di Stasiun Padalarang, Bandung Barat. Dilansir dari laman resmi Kemenhub, pembangunan infrastruktur untuk memperlancar feeder Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Padalarang-Stasiun Cimahi-Stasiun Bandung.

Hal ini menyusul rencana tinjauan proyek KCJB oleh Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022.

Kedua Presiden akan meninjau proyek kereta cepat dengan menaiki kereta inspeksi. Infrastruktur yang dibangun meliputi penataan rel di Stasiun Padalarang-Bandung dan penanganan perlintasan sebidang dengan membangun flyover.

Juga tengah dibangun Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di 3 titik : Ciroyom, Cimindi dan Pusdikpom Cimahi. Untuk mendukung acara itu, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) turut mempercepat penyelesaian Stasiun Halim hingga Stasiun Padalarang.

KCJB akan berhenti di 4 stasiun, yaitu : Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Stasiun sekaligus Depo Tegalluar. Fokus utama penyelesaian 3 stasiun tadi karena Stasiun Padalarang jadi titik temu kereta cepat dan kereta feeder KCJB menuju Stasiun Bandung.

Terkait hal ini Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan proyek KCJB jadi kebanggan Indonesia. “Suatu kebanggaan, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat,” ujar Menhub.

Berdasarkan data PT KCIC, proyek KCJB sudah mencapai 86%. Ditargetkan, proyek ini di uji coba pada Maret 2023 dan beroperasi pada Juni 2023.

“Kita targetkan perjalanan KCJB butuh 52 menit. Dari Jakarta ke Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung (menggunakan kereta feeder) 22 menit,” tutup Menhub. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sejumlah Infrastruktur Dibangun di Stasiun Padalarang, Buat Apa?”, Klik untuk baca:

https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/02/180000921/sejumlah-infrastruktur-dibangun-di-stasiun-padalarang-buat-apa-?page=all

Penulis : Aisyah Sekar Ayu Maharani
Editor : Hilda B Alexander
Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android : https://bit.ly/3g85pkA
iOS : https://apple.co/3hXWiOL

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close