Aku cinta Indonesia

Pembangkit Raksasa Kebanggaan Indonesia Rampung

(Cuplikan dari: cnbcindonesia.com)-(Cuplikan dari: cnbcindonesia.com)-JAKARTA;-PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan, Mega Proyek Engineering, Procurement & Construction (EPC) yang dikerjakan :

Yakni Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar atau dikenal dengan nama Muara Tawar Combined Cycle Power Plant Block 2,3 & 4 Add-on Project milik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) segera rampung dan ditargetkan beroperasi di akhir 2022.

Direktur Operasi II Hutama Karya (HK) Gunadi menjelaskan, hingga bulan Oktober 2022 progress kemajuan pengerjaan proyek ini telah mencapai 98,7%.

“Lingkup pekerjaan pada proyek JO (Joint Operation) antara EPC HK dengan Doosan Heavy Industry ini meliputi All Construction Work, pekerjaan Engineering & Procurement untuk BOP area dan Commissioning BOP area,” kata Gunadi tertulis, (17/11/2022).

Perseroan menambah kapasitas dari unit eksisting atau dengan sebutan proyek Add On. Penambahan kapasitas ini memanfaatkan panas gas hasil pembakaran gas turbin yang sebelumnya hanya dibuang. Setelah unit Add On ini dibangun, panas gas yang terbuang dapat dimanfaatkan dan menghasilkan 650 MW listrik.

“Selain itu penggunaan gas alam sebagai bahan bakar pembangkit listrik merupakan salah satu pembangkit hijau, dengan emisi rendah,” imbuhnya.

Proyek Rp 2,109 miliar di Muara Tawar, Marunda, Bekasi-Jabar, berperan strategis dalam menyokong kebutuhan listrik Pulau Jawa mendukung beban puncak (Peak Load) lebih dari 200 BBTUD (Billion British Thermal Unit Per Day) khususnya beban di Jabodetabek.

Tantangan yang dihadapi pengerjaan proyek ini adalah lokasinya di area yang bersinggungan dengan pembangkit listrik atau instalasi yang sudah beroperasi sehingga diperlukan metode kerja dan komunikasi yang intens antara existing dan proyek.

HK menyediakan manpower sejumlah 900 orang untuk kelancaran pengerjaan proyek ini. Setelah proyek ini rampung, dapat menambah ilmu manpower terkait teknis operasional dan diharapkan mampu menjadi operator pada PLTGU Muara Tawar.

Proyek PLTGU Muara Tawar yang terus berprogress, menambah kapasitas produksi (Add On) 650 MW telah sukses mencapai 1st Synchronization pada Block 2 hari Jum’at (14/10). Artinya, Plant Block 2 di PLTGU Muara Tawar menghasilkan listrik untuk dihasilkan ke sistem Jawa dan Bali.

Baca artikel dari sumbernya di https://www.cnbcindonesia.com/market/20221117122551-17-388914/pembangkit-raksasa-kebanggaan-jokowi-rampung-ini-faktanya; Oleh ; rob/ayh; Romys Binekasri, CNBC Indonesia

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close