Aku cinta Indonesia

Kapal Roro Ukuran Jumbo Milik ASDP Beroperasi 15-07-2020

(merdeka.com)- Kementerian Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi menggelar Rakor persiapan operasional KMP Bahtera Nusantara 01 di Kepulauan Riau yang digelar (17/6). Dalam rapat itu diputuskan PT ASDP siap mengoperasikan KMP Bahtera Nusantara 01 pada 15/07/2020.

 

Asisten Deputi Infrastruktur Konektivitas, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rusli Rahim mengatakan, kapal ini melayani rute pulau-pulau kecil di wilayah Kepri mulai dari Tanjung Uban (Batam), Matak (Kab.Anambas), Penagi (Natuna), hingga Sintete di Kalbar.

 

“Insya Allah tanggal 15 Juli 2020 akan dioperasikan. Izin ini akan rilis setelah pemeriksaan Standar Pelayanan Minimal,” kata Rusli dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (18/6).

 

Dia menjelaskan, ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan oleh pihak-pihak terkait sebelum KMP Bahtera Nusantara 01 dioperasikan. Di antaranya melakukan survei alur beserta kelengkapan sarana bantu navigasi di Pelabuhan Penagi Kabupaten Natuna.

 

Juga memastikan keberlangsungan fungsi dari rambu di pelabuhan itu karena sebelumnya rusak, termasuk antisipasi sempitnya alur masuk di Pelabuhan Penagi. “Saya minta kebutuhan dan fasilitas penunjang pelabuhan segera dipenuhi sesuai mekanisme dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku” imbuhnya.

 

Pekerjaan lainnya, lanjut Rusli, yakni memastikan mekanisme pengelolaan pelabuhan, sumber daya manusia, ketersediaan listrik, air bersih untuk operasional pelabuhan dan kapal pada masing-masing pelabuhan. Hal itu perlu dipastikan sebagai bentuk pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

 

“Perlu ada sinergisitas antara operator dan pengelola pelabuhan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pengguna jasa,” kata Rusli.

 

Dia berharap, pemda memiliki kesiapan dalam pengelolaan pelabuhan setelah serah-terima pelabuhan dilakukan. Sebab perlu dilakukan koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan operator jika terdapat permasalahan yang belum terselesaikan terkait pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 01.

 

(azz; Anisyah Al Faqir; Bahan dari : https://www.merdeka.com/uang/kapal-roro-berukuran-jumbo-milik-asdp-siap-beroperasi-15-juli-2020.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close