Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

SAHATY Bandung Slt-Ikut diskusi SADARI (31-05-2023)

Hi Yakes Family!

Di antara lebih dari 200 jenis kanker yang ada, kanker payudara itu jenis kanker terbanyak di Indonesia. Tapi 70% pasien kanker ke dokter saat stadium akhir. Padahal penanganan kanker stadium dini berpeluang kesembuhan lebih dari 90%.

Diskusi SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 31 Mei 2023, mulai jam 13.30 WIB melalui Virtual Zoom Meeting

Khusus Anggota SADARY KJS BLA mewakili Cabang Bandung Selatan yang berlangsung dengan baik dan lancar. Bagi yang tidak berkesempatan mengikuti diskusi tersebut, saya bantu sajikan dari sumber yang berbeda.

Oh ya FGD (Forum Grup Diskusi) Feminine hanya diikuti oleh pelanggan wanita dengan jumlah terbatas.

Tidak hanya jadi penyakit mematikan, menurut WHO, Kanker Payudara itu kanker paling sering didiagnosis pada wanita di Indonesia. Maka, sebagai perempuan, Anda perlu waspada dan mengenali gejala kanker payudara sejak dini.

Mengenali lebih jauh, Kanker umumnya terjadi ketika sel-sel kanker tumbuh dari jaringan payudara yang meliputi saluran dan lobulus payudara. Semakin dini kanker ini dideteksi, maka makin tinggi angka survivor (penyintas) dalam 5 tahun kedepan.

Ketahuilah bahwa Gejala Kanker Payudara

Gejala kanker payudara yang lazim adalah benjolan atau tumor yang tidak disertai rasa nyeri. Berikut gejala kanker payudara lainnya:

1-Benjolan di Payudara

Benjolan di payudara, salah satu gejala awal kanker payudara yang sering ditemukan. Benjolan ini biasanya tidak menimbulkan nyeri, meski beberapa orang justru merasakan sebaliknya pada kasus yang sudah lanjut.

Sebaiknya Anda periksa kondisi payudara. Sebagai tindakan antisipasi, lakukan SADARI bila yang bersangkutan masih mensturasi kerjakan  pada hari ke 7-10. Namun bagi yang sudah menopause dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulan.

Teknik SADARI dan SADANIS bertujuan untuk mengenal jaringan payudara. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendeteksi benjolan tersebut.

SADARI adalah cara pemeriksaan payudara sendiri, sementara SADANIS merupakan pemeriksaan payudara secara klinis, seperti pemeriksaan Mammografi.

2-Perubahan Kondisi Puting Payudara

Gejala awal kanker payudara selain benjolan juga bisa dilihat dari kondisi puting puting tertarik ke dalam dan mengeluarkan cairan yang kemerahan.

3-Perubahan kulit Payudara

Ada subtipe kanker payudara langka yang salah satu gejalanya perubahan kulit payudara. Sebagian besar perempuan awalnya mengira infeksi biasa, padahal hal ini termasuk ke dalam gejala kanker payudara yang harus diwaspadai.

Jika perubahan kulit payudara meliputi iritasi, kemerahan, penebalan kulit, lekukan pada jaringan, dan tekstur kulit menjadi seperti kulit jeruk, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter.

4-Benjolan di ketiak

Jaringan payudara meluas hingga ke bawah lengan atau ketiak, sehingga sel-sel kanker bisa menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah lengan atau ketiak. Jika ada benjolan atau muncul daerah abnormal di sekitar ketiak, segera periksakan  ke dokter karena dikhawatirkan gejala kanker payudara stadium awal.

Silakan Anda hubungi Poli Yakes bisa liwat online atau aplikasi Yakes mobile dan  jika tidak memungkinkan cobalah ke Pelayanan kesehatan yang di kontrak Yakes

Teruslah perhatikan kondisi dan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, sebagai cara deteksi dini penyakit lebih serius. Kepedulian pada tubuh Anda adalah awal hidup sehat ke depannya.

Salam Sehat!  (Atjih Widyaningsih dan Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

Didukung juga sumber lain : https://www.siloamhospitals.com

dr Dismas A Chaspuri SpB

Diskusi SAHATY Bandung Slt

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close