Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangsel kembali Gelar KITAB-Menghafal Asmaul Husna Ingat Sampai Surga

Tetap dan terus berkarya untuk anggota.

P2Tel Tangerang Selatan tetap dan terus berkarya untuk anggota dengan melayani anggota yang antara lain diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan Kajian Intensif TiAp Bulan disingkat KITAB.

P2Tel Tangerang Selatan kembali menggelar KITAB di STO Serua Ciputat Tangerang Selatan secara indoor  pada Selasa pagi, 11 Juli  2023 seusai senam pagi dengan nuansa warna putih. Peserta semakin lebih konsentrasi dan fokus dengan menikmati indah dan berkahnya majlis ilmu dan hikmah KITAB ber olah ruh agama Islam.

Hadir para senior PMP P2Tel Tangerang Selatan antara lain pak Triana Mulyatsa, pak Sri Herbowo, pak Aye, pak Herman Syamsir Alam, KBPC, KPC, para pengurus dan PMP P2Tel Tangerang Selatan.

Pelaksanaan KITAB kali ini dilaksanakan secara hybrid, namun masih terbatas untuk internal  P2Tel Tangerang Selatan sekaligus sebagai uji coba kehandalan network  link zoom nya yang nantinya akan mengundang peserta di luar P2Tel Tangerang Selatan.

Salam sehat, tetap semangat dan bersyukur.

Acara KITAB ini semakin  menyeimbangkan hidup karena acara sebelumnya yaitu senam pagi sebagai aktualisasi olah raga. Ketertarikan para peserta sangatlah beralasan karena setelah senam pagi (olah raga) maka dilanjutkan dengan olah rasa menikmati hidangan rebusan dan minuman hangat teh rasa spesial buatan mandiri.

Acara berlanjut dan dipandu oleh  pembawa acara Zawawi dengan  mengkondisikan seluruh rangkaian acara KITAB ini. Acara semakin menyejukkan hati  dan khidmad  ketika dibuka  dengan pembacaan umul kitab Al Fatiha bersama-sama.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran kali ini adalah surat Al Hasyr ayat 22-24 yang   dibacakan oleh Qori Munajat dan  pembaca saritilawah adalah Siti Faida dengan membacakan tarjamah ayat-ayat suci Al Quran yang dibacakan qori untuk memberikan pemahaman atas arti firman Allah tersebut.

“Dialah Allah Yang tidak ada tuhan selain Dia. (Dialah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

“Dialah Allah Yang tidak ada tuhan selain Dia. Dia (adalah) Maha Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Damai, Yang Maha Mengaruniakan keamanan, Maha Mengawasi, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, dan Yang Memiliki segala keagungan. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

“Dialah Allah Yang Maha Pencipta, Yang Mewujudkan dari tiada, dan Yang Membentuk rupa. Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi senantiasa bertasbih kepada-Nya. Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

Penguatan Iman dan Takwa.

Dalam kesempatan ini KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina) mengungkapkan rasa syukur ke hadirat Allah dan ucapan terimakasih atas kehadiran para senior, KBPC dan anggota, para pengurus dan para PMP P2Tel Tangerang Selatan.

Majlis ilmu KITAB ini sebagai ikhtiar bersama untuk tetap istiqomah atau konsisten untuk menambah dan memperkuat iman dan takwa kita.

Berhubung waktunya yang ketat, KPC P2Tel Tangerang Selatan berpesan mengajak pada diri dan peserta untuk mengoptimalkan waktu yang ada untuk menyimak materi dan berinteraksi dengan narasumber coach Faisal Ramli, ST, MM.

Bersama narasumber Ustadz Faisal Ramli, ST, MM.

Ustadz Faisal Ramli, ST, MM yang lebih senang dengan sapaan coach ini  adalah  lulusan pendidikan di Jakarta mulai dari SMUN, S1 Teknik Gas & Petrokimia UI dan S2 Manajemen Startetjik PM Business School.

Pengalaman dakwah : Spiritual Business Management. Pengalaman organisasi : Penggagas Lock Easy Memory (Metode Menghafal Mudah atau M3), Pembina Yayasan Sahabat Surga, Trainer Kampus Pengusaha Muslim.

Narasumber yang memiliki jam terbang syiar dan dakwah yang banyak di beberapa kota (pekan lalu menjalani safar di Semarang dan Yogyakarta),   alhamdulillah pada saat ini bisa bersilaturahim dan berbagi di acara KITAB ini

Narasumber mengawali dengan sebuah pertanyaan :

Siapa yang ingin masuk syurga?  Maka dijawab oleh peserta dengan serentak semuanya ingin masuk syurga.

Sebagai Quick win kehidupan.

Keajaiban otak manusia  memiliki kemampuan yang luar biasa bila dioptimalkan karena otak manusia memiliki lebih dari 100 milyar sel otak (binatang lebah hanya 700 ribu sel otak dan tikus hanya 5 milyar).

Interkoneksi antar sel akan terjadi seumur hidup. Bila sering digunakan, maka sel otak akan berfungsi secara normal. Tetapi bila tidak pernah digunakan maka sel otak akan mati. J

adi, apakah potensi otak kita mau dioptimakan? Atau dibiarkan mati begitu saja tanpa karya dan tanpa memiliki manfaat sedikitpun? Mari kita optimalkan otak kita untuk menghafal Al Quran dimulai dengan quick win menghafal Asmaul Husna sebagai kemenangan cepat atau kecil kemudian melangkah ke kemenangan besar menghafal Al Quran.

Banyak contoh yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi kita ketika ada orang yang berusia lebih dari 70 tahun berhasil hafal Al Quran. Bila seorang anak yang hafal Al Quran kelak menjadi mahkota bagi orang tuanya.

Lima cara cara kerja otak, Just try it dan key word.

Cara pertama, Pengkodean (Encoding). Cara kedua, Penyimpanan (Storage). Cara ketiga, Penguatan (Consolidation). Cara keempat, Pengambilan (Retrieval). Cara kelima, Penguat ulang (Re-consolidation).

Untuk mencobanya maka diilustrasikan sebagai sebuah rumah “Rumahku, Surgaku”. Untuk tahap awal di lantai 1 terdapat ruang 0 (ruang tamu), ruang 1 (ruang kerja), ruang 2 (ruang olahraga), ruang 3 (ruang sholat) dan ruang 4 (ruang garasi mobil).

Kata kuncinya adalah imajinasi yang kuat, lebay, aneh, lucu, emosional, kekuatan menyambungkan dan jika merasa susah/butek, jangan mengeluh dan perbanyaj istigfar.   Pada kesempatan ini diperkenalkan 20 Asmaul Husna.

Ruang 0 (ruang tamu) diagonal 1 sebanyak 5 Asmaul Husna. Ruang 0 (ruang tamu) diagonal 2 sebanyak 5 Asmaul Husna. Ruang 1 (ruang kerja) Diagonal 1 sebanyak 5 Asmaul Husna. Ruang 1 (ruang kerja) Diagonal 2 sebanyak 5 Asmaul Husna.

Peserta bertanya, narasumber meresponnya.

Dalam kesempatan tanya jawab sebagai media yang komunikatif dan interaktif yang dipandu oleh Suradi selaku moderator mengawali dengan pantun Bila tuan ke STO Serua, ikuti KITAB meski sesaat. Tausiyahnya sungguh luar biasa, tebarkan banyak manfaat.”

Sebagai learning point dari hasil tanya jawab adalah agar jangan fanatik terhadap 1 metode belajar menghafal saja. Gunakan metode menghafal dengan cara murojoah dan ditambah dengan metode LEM (Lock Easy Memory) atau bahasa awamnya cantolin. Metode LEM ini dapat dikembangkan untuk menghafal surat-surat dalam Al Quran.

Secara umum moderator dengan ciri khasnya menyampaikan pesan moral berupa pantun Ingin lihat jam gadang, datanglah ke Bukit tinggi. Mari kita terus berjuang, menghafalkan Asmaul Husna lebih banyak lagi.

Sebagai kesimpulan bahwa isi tausiyah bersumber pada Al Quran dan hadits Rasulullah antara lain “Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga” (HR Bukhori).

Dalam penerapannya mari kita gunakan Teknik LOCI (kombinasi atau menggabungkan antara visual dan spasial dalam menyimpan informasi).  Proses learning nya adalah memperbanyak latihan menghafal Asmaul Husna mulai hafal  20 + 30 + 20 dan tambah 29 Asmaul Husna.

Lakukan secara terintegrasi bersama orang-orang shaleh  terdekat dan narasumber. In syaa Allah akan mendapat result atau hasil hafalan Asmaul Husna secara bertahap dan  utuh.

Sebagai penyemangat terpilih 3 orang peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber secara cepat dan tepat tentang Asmaul Husna  sehingga mendapatkan tali asih dari P2Tel Tangerang Selatan dan makan bakso comot secara gratis. Mereka adalah Al Munasri, Zawawi dan Kustinah.

Akhirnya acara KITAB ini ditutup dengan   untaian  doa yang dipimpin oleh Munajat. Alhamdulillah acara KITAB ini terselenggara atas ijin Allah dan dukungan dari para PIC KITAB antara lain Marsono, A. Makmur, Eko Yulianto, Yasril Pane, Ina, Budi Saptono dan lainnya.

Ingin lihat tugu pahlawan, datanglah ke Surabaya.

Dengan semangat kebersamaan, semoga kita masuk syurga.

_Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yang begitu bersih _.

Demikianlah acara KITAB  ini, kami ucapkan terimakasih.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close