Info Daerah n Opini

P2Tel Tangsel Uji Nyali-Sehat Tanpa Obat-Sehat Bersepeda Panjat

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-Semangat pagi semangat bersenam pagi.

P2Tel Tangerang Selatan tetap dan terus berkarya untuk anggota.

Menurut A. Yuri Gartina selaku KPC P2Tel Tangerang Selatan aktualisasi berkarya untuk anggota  dengan melayani para anggota antara lain dengan menyelenggarakan  senam pagi di Selasa pagi di STO Serua dan di Rabu pagi di STO Mencong Ciledug.

Acara ini diikuti oleh PMP P2Tel Tangerang Selatan secara rutin tiap pekan dengan antusias dan bersemangat. Meski lansia namun tetap dan terus semangat berolahraga senam pagi. Ketika Selasa pagi, 19 September 2023 di STO Serua Ciputat Tangerang Selatan menjelang pk 07..

Mereka berdatangan memenuhi halaman STO Serua dengan nuansa kaos warna ABU-ABU yang memiliki makna Amanah (dalam menjalankan tugas atau aktivitas), Berani (dalam menjaga kesehatan dan kebugaran jiwa raga) dan Usaha  (senantiasa berikhtiar untuk mengikuti olah raga khususnya senam pagi dan gowes).

Sehat tanpa obat. 

Sebuah tagline yang berslogan sehat tanpa obat menjadi motivasi bersama untuk tetap dan terus menjaga kesehatan jiwa dan raga secara berkelanjutan sesuai proporsi usia dan kebutuhan masing-masing.

Dengan berolahraga senam pagi secara bersama-sama ini selain menjaga raga juga menjaga kesehatan jiwa karena bisa saling silaturahim, saling menyapa dan berbagi pengalaman atau nasehat dan menasehati di jalan kebaikan.

Sehat bersepeda panjat. 

Usai senam pagi sebagian peserta adalah penggemar olah raga gowes bahkan membentuk sebuah komunitas dengn nama gowes P2Tel Tangerang Selatan. Berbagai kegiatan gowesan baik yang diselenggarakan secara internal maupun event gowes dengan eksternal telah dijalani.

Menurut Yasril Pane yang mengkoordinir embrio gowes P2Tel Tangerang Selatan merasa bersyukur dan berbahagia karena anggotanya semakin banyak.

Ketika Selasa, 19 September 2023 para goweser P2Tel Tangerang Selatan tampil beda dan semakin bersemangat karena memakai kostum baru yang memiliki kekhasan P2Tel Tangerang Selatan. Dengan semangat kebersamaan para gowespun  bersepeda panjat menyusuri pinggiran atau penyangga kota Jakarta di wilayah Tangerang Selatan.

Kesan mendalam dan tidak terlupakan.

Adalah Arif Lutfianto NIK 651019 yang masih tergolong pensiunan milenial mengungkapkan isi hatinya berikut ini,  Alhamdulillah, puji syukur selalu kami panjatkan ke hadlirat Allaah, yang telah memberikan berbagai nikmat pada Selasa ini sehingga anggota P2Tel Tangerang Selatan masih bisa hadir dan beraktivitas rutin serta mempererat silaturrahim dengan  giat mulai  pk. 07.00  Wib dengan  senam pagi bersama dan dilanjutkan  dengan GOBAR alias Gowes Bareng komunitas GowesSan Tangsel.

Disini kami berkumpul bukan untuk cari prestasi lagi, melainkan saling asah, asih dan asuh dalam ikatan yang sudah dibentuk melalui organisasi P2TEL Tangerang Selatan, salah satunya adalah giat GOBAR dan tentunya ada giat yang lainnya seperti BINROH (Pembinaan rohani), cek kesehatan (kerjasama dengan salah satu klinik kesehatan RS terdekat) dan berbagai macam senam mulai dari senam Telkom, kebugaran, senam pernafasan dan lainnya. Tentu semuanya diikuti sesuai porsinya alias mboten (tidak) ngoyo.

Alhamdulillaah anggota P2Tel Tangerang Selatan  sangat kompak dan antusias dalam kebersamaan dan tidak ada sekat (baik dulu ketika menjadi pejabat namun sekarang sama-sama sebagai pensiunan). Bentuk kebersamaan ini bisa menghilangkan sifat-sifat  ego & rasa eksklusivitas yang biasanya dulu saat aktif  kita rasakan.

Dengan giat  kebersamaan dan hobi yang dikelola secara mandiri  ini dan dilakukan secara ikhlas melalui saweran alhamdulillaah bisa memupuk persaudaraan. Dulu kita jarang jumpa, setelah pensiun kita bisa saling tegur sapa & mempererat kembali persaudaraan.

Singkat kata “waktu itu harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, kalau kita tidak mau merugi” begitu yang diambil hikmahnya dari ceramah narasumber yang pernah mengisi BINROH Islam  di STO Serua Ciputat yang dimoderatori oleh Suradi.

Demikian kesan & pesan saya selama menjadi anggota P2Tel Tangerang Selatan.  Semoga Allah  selalu meridhoi langkah & usaha kita dalam memupuk tali silaturrahim di semua kegiatan yang diwadahi P2Tel. Salam Gowes Sehat wal’afiat, in shaa Allaah tanpa obat. GowesSan Jossss!

Harmoni gempita kota dan alam desa.

Ada sebuah harmoni suasana yang memadukan suasana gegap gempitanya kota Tangerang Selatan di pagi hari yang dipadati para pengguna jalan menuju kota Jakarta dengan alam desa yang mulai disisir oleh para goweser P2Tel Tangerang Selatan. Setelah menempuh perjalanan beberapa kilometer dan menikmati indahnya panorama alam pedesaan maka rombongan goweser tiba di sebuah danau Cisawang.

Lokasi ini sering menjadi  target tempat tujuan para goweser. Untuk mencapainya melalui beberapa rute yang membutuhkan tambahan adrenalin dan kesabaran antara lain dengan turun dari sepeda dan membawanya menyusuri jalan  setapak dan bebatuan. Lokasinya termasuk wilayah Bogor, Jawa Barat terletak di Gunungsindur, yaitu Danau Ciputih, Cisawang Endah. Danau ini merupakan destinasi bagi para pecinta sepeda. Danau Cisawang dahulu merupakan bekas galian tambang bebatuan kapur dan pasir cadas yang sudah terbengkelai.

Cekungan hasil galian tersebut lama kelamaan terisi air hujan dan resapan dari Sungai Cisadane yang tidak jauh dari tempat tersebut, hingga membentuk danau yang indah.

Lokasinya agak tersembunyi, namun tidak asing lagi bagi para penggemar sepeda seputaran Jabodetabek. Banyak pecinta sepeda berkunjung ke danau tersebut untuk sekedar berekreasi atau melepaskan penat.

Menurut aktivis gowes P2Tel Tangerang Selatan Triana Mulyatsa memberikan testimoni ketika menyeberangi sungai Cisadane yang diabadikan dalam sebuah video singkat dengan menggunakan getek (alat penyeberangan yang terbuat dari bambu) meski pensiunan namun tetap semangat dan lulus uji nyali sehingga seluruh goweser selamat menyeberangi sungai tersebut dan melanjutkan perjalanan.

Ada lagi penuturan Hajar Gustawan  sebagai  goweser kebanggaan kita & P2Tel se Indonesia berikut ini. Alhamdulillah selesai melaksanakan senam pagi rutin di hari Selasa, 19 September 2023 sebanyak 12 goweser P2Tel  Tangerang Selatan yang tergabung dalam komunitas dengan  nama komunitas GoweSan mengadakan giat bersepeda sehat dan riang gembira yang kali ini dengan destinasi dan rute menantang ke danau Cisawang dari STO Serua sebagai titik awal gowes.

Ada keseruan ketika menyeberangi sungai Cisadane dengan menggunakan getek.

Alhamdulillah semua selamat di seberang. Selesai melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di Masjid Jami Hubbul Wathon Medang Suradita Cisauk para goweser menuju ke Warung Pecak untuk makan siang dengan menikmati menu khas Tangerang Selatan yaitu makan bareng dengan menu ikan cere.

Suasanapun semakin ceria dan meriah dengan menikmati lezatnya ikan cere di lingkungan alami di sebuah gubuk terbuat dari bambu yang di sekitarnya terdapat perkebunan dengan tanaman yang tetap menghijau alami.

Disini gunung disana gunung, di tengahnya kebun alpukat berdaun lebat.

Disini untung disana untung, karena sehat tanpa obat bersepeda panjat.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR

P2Tel Tangsel Uji Nyali-Sehat Tanpa Obat-Sehat Bersepeda Panjat

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close