Info Pusat

PT Posindo (Gedung Sate Timur)-Saksi Sejarah

Kantor Pusat PTT, yang kini dikenal sebagai  PT. Posindo / Gedung Sate Timur, menjadi saksi sejarah yang memiliki makna simbolis dalam perjuangan melawan pendudukan Jepang.

Soetoko dan anggota Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telekomunikasi (AMPTT) menunjukkan keberanian yang luar biasa dalam melawan penjajah dengan berbagai tindakan, seperti sabotase, persembunyian, dan operasi bawah tanah dan peyerangan  untuk merebut kantor PTT Pos Telegrap dan Telekomunikasi dan berhasil direbut dari cengkraman Jepang.

Tidak hanya itu Soetoko dan kawan kawannya mempertaruhkan Angkatan Muda PTT untuk merebut pabrik senjata di Kiaracondong Bandung dan bangunan penting lainnya seperti Balai Kereta Api, Kantor Karesidenan, Jawatan Geologi, Perusahaan Listrik, dan Jawatan PU yang ada di bandung tahun 1945

78 orang pejuang PTT  gugur dalam merebut dan membela kemerdekaan di seluruh pelosok tanah air. Nama-nama mereka tercatat dalam sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia dan terukir pada tugu perjuangan PTT di halaman kantor Posindo Jl. Cilaki – Bandung.

Anda dapat menyaksikan rekaman Videonya dibawah ini

(Wawa-PP P2Tel)-FR

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close