Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Cabang Bandung Slt-Aerobic(17-10-2023)-Cepat Lelah

YWC Yakes Telkom memfasilitasi OR virtual pada hari Selasa, tanggal 17/10/2023, yaitu Kelas Aerobic dimulai jam 07.30 WIB; dengan Coach mas Imam Munandar

Diikuti Pensiunan Telkom sebanyak 51 Akun (amatan jam 08).09. Jumlah itu termasuk 4 Anggota KJS BLA Tegallega Bandung Selatan, 3 diantaranya pasangan IGN Duinda dan Esih Sukaesih.

Alhamdulillah semua kegiatan terlaksana dengan baik, hal itu tak lepas dari kepiawaian mas Imam dan tentu dengan Dukungan YWC se Indonesia

Ganti topik ya, Saya tertarik membahas info dari 3 teman ketika ketemu pada kesempatan berbeda. Keluhan mereka seragam cepat lelah. Jumlah itu tidak banyak, tapi mungkin saja ada sahabat lain yang mengalami hal serupa

Badan lemas-tak bertenaga umumnya karena kurang tidur. Tapi bisa karena Stres, kurang nutrisi, dan karena suatu penyakit sehingga kita merasa lemas.

Umumnya bisa diatasi dengan pola hidup sehat dan menyembuhkan penyakitnya . Marilah kita ulas Penyebab badan lemas dan cara mengatasinya :

a-Kurang Tidur

Tidur cukup tiap malam dapat menjaga kesehatan. Tapi, kurang tidur atau tidur tak berkualitas membuat kita kurang energi sehingga tubuh terasa lemas.

b-Kekurangan  Nutrisi

Walau tidur cukup bisa lemas ketika kurang nutrisi  seperti zat besi, vitamin B2, B3, B5, B6, B9, B12, D, C, dan magnesium. Konsul ke dokter, agar diketahui nutrisi yang dibutuhkan.

c-Gangguan mental

Gangguan mental (depresi), membuat lelah karena mengganggu kualitas tidur. Selain itu, lemas bisa karena efek negatif dari stres, kecemasan, gangguan makan, atau berduka cita.

d-Mengidap penyakit tertentu

Kesehatan fisik bisa membuat tubuh lemas dan kelelahan, seperti kanker, apnea tidur, gangguan tiroid, sindrom kelelahan kronis, dan diabetes.

e-Terlalu banyak konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari sehingga tubuh akan terasa lebih lemas saat bangun tidur.

f-Kurang minum air putih

Cairan tubuh kurang berakibatnya, energi dan konsentrasi berkurang. Perlu minum air putih ± 8 gelas/hari.

g-Kelebihan berat badan

Kelebihan berat atau obesitas selain berisiko masalah kesehatan serius (penyakit jantung dan stroke) juga membuat lelah.

h-Konsumsi obat tertentu

Obat obatan : Steroid, antidepresan, dan obat darah tinggi, berefek samping insomnia dan kelelahan. Anda diimbau tak menghentikan obat itu tanpa konsultasi dokter lebih dulu

Mengatasi badan lemas tak bertenaga

Lemas itu wajar, bukan masalah serius. Diatasi dengan pemeriksaan ke dokter. Tapi Anda bisa melakukan pola hidup sehat dan :

1-Tidur cukup

2-Makan porsi kecil dan lebih sering

3-Mengonsumsi makanan/camilan, rendah gula

4-Hindari makanan yang diproses dan lakukan diet sehat

5-Mengonsumsi buah dan sayur

5-Menghindari atau kurangi konsumsi kafein

6-Ber-OR rutin, (seperti yang kini kita lakukan bersama YWC Yakes Telkom atau OR bebas setidaknya 30 menit/hari)

Anda diimbau periksa ke dokter Yakes atau yang ditunjuk agar diketahui penyebab badan lemas tak bertenaga

Salam Sehat

(Djuhana; KJS BLA Tegallega; sumber dari health.kompas.com)-FatchurR *

Cabang Bandung Slt-Aerobic(17-10-2023)-Cepat Lelah

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close