Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

KJS BLA Bandung Slt Dan Senam TheraMov(02-10-2023)-Cuaca Ekstrem

Semangat Pagi. YWC Yakes Telkom kembali membuka jadwal kelas mingguan OR Virtual pada hari Senin, tanggal 02 Oktober 2023, dengan Coach Mas Arie Pamuji dari YWC Yakes Regional-4 Jateng/DIY, mulai jam  08:00 WIB

Dengan jumlah peserta sebanyak 52 Akun pada amatan jam 08.21. Jumlah itu  termasuk tiga anggota KJS BLA Tegallega (Cabang Bandung Selatan) dan dua diantaranya : Atjih Widyaningsih dan Esih Sukaesih.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Saya ingin menyampaikan sesuatu, siapa tahu Anda perlukan juga.

Sepuluh menit jelang senam, umumnya ada kesempatan ngobrol. Diantaranya ada info dari seorang peserta Jatim yang menyatakan di kotanya makin panas.

Seorang lainnya dari Jateng mengatakan sedang batuk beberapa hari gak sembuh, mungkin karena cuaca ekstrem. Sehingga saya ingin menguraikan kemungkinannya

Cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem dan  tidak menentu misalnya siang panas terik lalu sorenya  hujan lebat membuat tubuh rentan kena penyakit. Misalnya akibat daya tahan turun. Pasalnya, tubuh harus beradaptasi dengan perbedaan suhu yang signifikan.

Karenanya harus diantisipasi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, seperti :

1-Batuk Pilek

Musim pancaroba (bisa ekstrem), Virus influenza makin cepat perkembangannya. Biasanya batuk dan pilek bisa sembuh 3-5 hari. Tapi dengan cuaca ekstrem bisa bertahan lebih lama.

2 Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Ini karena sistem imun tubuh kurang bagus, biasanya disertai demam, badan meriang, nyeri tenggorokan, nyeri otot, batuk, mata kemerahan, dan pilek.

3-Norovirus gangguan di saluran pencernaan

Gangguan di saluran pencernaan, membuat muntah dan diare saat terinfeksi. Penyakit ini bisa menyerang sewaktu-waktu, dan lebih berbahaya saat kambuh (cuaca sedang dingin).

4-Sakit kepala

Cuaca dingin ekstrem atau pancaran matahari terlalu panas, memicu sakit kepala.

5-Serangan jantung

Yang pernah sakit jantung, waspadalah. Saat suhu lebih dingin, tekanan darah meningkat, dan jantung dipaksa kerja ekstra. Kinerja jantung yang dipaksakan itu berbahaya karena menyebabkan serangan jantung/gagal jantung.

6-Gangguan Asma

Pasien asma wajib waspada ketika cuaca eksterm. Suhu dingin itu pemicu utama gangguan asma (mengi, sesak napas, dan napas pendek).

Cara menjaga

a-Konsumsi makanan sehat (buah dan sayur yang kaya kandungan antioksidan)  Selain itu, konsumsi daging, susu, dan telur agar dapat protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

b-Rajin Ber-OR; Rutin berolah raga seperti yang difasilitasi oleh YWC Yakes Telkom

c-Istirahat cukup

d-Cukupi asupan cairan

Saat cuaca ekstrem, butuh caira.. Minumlah 8 gelas air putih/hari. Agar tetap sehat dan membantu mengeluarkan racun tubuh, serta meningkatkan energi.

Marilah kita terus sehat dengan menerapkan pola hidup sehat

Salam Sehat.  (Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

KJS BLA Bandung Slt Dan Senam TheraMov(02-10-2023)-Cuaca Ekstrem

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close