Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

PC Bandung Slt-Senam Diabetes(31-10-2023)-Dan Pencegahan

Semangat Pagi!. Olahraga jadi salah satu kunci penting dalam mengelola diabetes. OR teratur membantu tubuh meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Dan itu disadari oleh Manajemen Yakes Telkom yang belakangan ini gencar juga memfasilitasi Senam Diabetes. Senam ini dilaksanakan tiap hari Selasa jam 15.30. Kali ini senam tersebut berlangsung tanggal 31-10-2023. Alhamdulillah enam ini berjalan dengan baik dan lancar

Saya tidak perlu sebutkan jumlah pesertanya, karena relatif sedikit. Sejak beberapa hari lalu saya mensurvey ketidak ikutan teman teman saya pada senam ini. Walau tidak memenuhi syarat sampling, namun dapat disimpulkan hasilnya : Mereka tidak punya Diabetes atau lupa tidak ada yang mengingatkan. Padahal kegiatan ini salah satu cara tindakan pencegahan.

Saya teringat jaman saya sekolah doeloe, bahwa Tindakan pencegahan itu lebih baik dari mengobati. Waktu itu sebagai hafalan dan kini baru menyadari pentingnya tindakan pencegahan.

Bagi para pasien Diabetes, mereka merasakan tantangannya besar agar penyqakit tersebut tidak makin parah atau berkembang dan menjalar ke penyakit berbahaya lainnya. Itulah pentingnya pencegahan

Banyak cara pencegahan, namun kali ini saya hanya sajikan dua diantaranya yaitu :

a-Aktif dan teratur ber-OR dan atau Senam, salah salah satunya Senam Diabetes

b-Selektif dalam memilih asupan makanan seperti berikut ini :

1)-Makanan dengan banyak gula sederhana (permen, es krim, dan pastri). Juga minuman tinggi kalori, (Susu cokelat, jus buah, minuman bersoda, dan minuman berenergi).

2)-Makanan yang mengandungn lemak jenuh dan lemak trans berlebih (daging olahan/burger, sosis, hot dog serta lemak hewani seperti mentega.

3-Makanan tinggi sodium atau garam (keripik, kerupuk, makanan yang diasinkan, makanan kalengan). Minimalkan penggunaan garam dalam masakan.

Jadi walau anda tidak menderita Diabetes, apa salahnya ikutan senam ini?

Salam Sehat! #HolistikYakesTelkom #YakesDiabetesCenter #FightDiabetes

(Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close