Kesehatan

Liburan Akhir 2023 Dan Kasus Covid-19 Naik Lagi

(Cuplikan dari health.detik.com)-JAKARTA; Bertepatan momen jelang Natal dan Tahun Baru, kasus COVID-19 di Indonesia meningkat dan disebut akibat varian EG.5.

Lantas pada gelombang COVID kali ini, amankah jika warga ingin berliburan jalan-jalan, terutama ke tempat ramai?

Melihat situasi kenaikan kasus COVID-19 ini, Ketua Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr dr Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, sekaligus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Untuk COVID, kembali ke prokes. Jadi jaga kebersihan pasti ya, jaga jarak, pola hidup bersih sehat kembali. Masker terutama untuk daerah kerumunan dan lain sebagainya,” ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

“Jaga jarak. Artinya mungkin kita berkumpul banyak-banyak, agak diturunkan lagi karena angka COVID meningkat,” tutur dr Sally lebih lanjut.

Pakai Masker Lagi!

Melihat banyak masyarakat yang ‘pede’ beraktivitas di tempat umum tanpa bermasker, ia ingatkan, sebaiknya masker digunakan di tengah situasi COVID-19 di Indonesia saat ini. Bukan hanya melindungi diri dari risiko paparan virus Corona, tapi juga melindungi kelompok rentan seperti Lansia lanjut dan pengidap komorbid.

“Kita sudah berapa bulan enak ya kita tanpa masker. Tapi kalau di tempat tertutup, berkumpul banyak, saya kira paling baik kita menjaga diri kembali. Apalagi kelompok-kelompok komorbid,” tutur dr Sally.

“Kalau dilihat (jumlah kasus) akan naik, tapi severity atau beratnya penyakit tidak seperti dulu. Jadi kalau orang-orang sudah mengatur liburan dan sebagainya, silakan. Tapi hindari kerumunan terlalu ramai, dan pakai masker itu penting sekali,”

Baca artikel selengkapnya di https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7108405/liburan-akhir-tahun-saat-kasus-covid-naik-lagi-dokter-ingatkan-pakai-masker; Oleh Vidya Pinandhita – detikHealth
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

(Disajikan ulang dan diedit oleh FatchurR) *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close