Kesehatan

Minyak Zaitun-Efektifkan Mencegah Diabetes

(Cuplikan dari klikdokter.com)-Minyak zaitun diklaim banyak manfaatnya bagi kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes. Bagaimana faktanya?

Diabetes (kencing manis), salah satu penyakit yang makin ditakuti. Ini disebabkan karena komplikasinya bisa menyerang seluruh bagian tubuh, termasuk mata, saraf, dan ginjal.

Berita baiknya, penyakit Diabetes bisa dicegah. Salah satu yang dipercaya dapat menurunkan risiko, sekaligus menyembuhkan penyakit tersebut adalah minyak zaitun. Pertanyaannya, benarkah anggapan ini?

Sejarah Minyak Zaitun

Minyak zaitun mulai dikenal dan banyak ditambahkan dalam makanan dalam diet Mediterania. Ini pola makan masyarakat di sekitar laut Mediterania, yang sering menggunakan minyak zaitun sebagai tambahan dalam makanan.

Mereka yang melakukan diet mediterania dan lebih jarang berpenyakit jantung dan diabetes. Hal ini diduga karena sumber lemak yang mereka konsumsi adalah minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun

Berbagai penelitian melihat manfaat minyak zaitun dalam mencegah berbagai penyakit. Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun berisiko lebih kecil untuk berpenyakit jantung dan diabetes dibanding yang mengonsumsi mentega atau mayones.

Tak hanya itu, bagi penderita diabetes, konsumsi minyak zaitun mendatangkan manfaat tersendiri. Minyak ini dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan HbA1C pada penderita diabetes.

Masih Belum Pasti

Masih diperlukan banyak data dan penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat minyak zaitun dalam mencegah diabetes. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin memadukan minyak zaitun dengan pola makan bergizi seimbang.

Ingat, minyak zaitun hanya sebagai pelengkap. Bukan asupan utama, yang dapat menggantikan fungsi pola hidup sehat dan makanan bergizi seimbang, serta obat-obatan diabetes yang diberikan oleh dokter.

Di samping itu, Anda tidak boleh mengonsumsi minyak zaitun berlebihan. Karena, bukannya mencegah diabetes, justru dapat memicu kondisi yang lebih berbahaya.

Baca artikel selengkapnya di https://www.klikdokter.com/info-sehat/diabetes/minyak-zaitun-untuk-cegah-diabetes-efektifkah; Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong, 09 Des 2017; NB/RH)

(Disajikan ulang dan diedit oleh FatchurR) *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close