Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangerang Selatan Gelar KISPA Series 2 Online-Keutamaan dan Amaliyah Ramadhan

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-Marhaban Yaa Ramadhan, Tarbiyah Ramadhan Terbaik 1445 H.

P2Tel Tangerang Selatan tetap dan terus berkarya untuk anggota dengan melayani anggota sepenuh hati  yang  diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan Kajian Intensif Selasa PAgi disingkat KISPA.

P2Tel Tangerang Selatan kembali menggelar KISPA Series 2 secara Online pada Selasa pagi, 12 Maret 2024 pk. 10.00-11.30 Wib.

Meski diselenggarakan secara online dan sedang menunaikan rangkaian ibadah puasa  namun para peserta tetap semangat dan antusias  meluruskan niat dan optimis bergabung mengikuti majlis ilmu dan hikmah KISPA ini.

Mereka tidak hanya berasal dari P2Tel Tangerang Selatan saja namun ada juga yang berasal dari P2Tel Tangerang,  Jakarta Selatan, Tangerang dan lainnya.

Dari P2Tel Tangerang Selatan turut bergabung para senior pensiunan antara lain pak Sri Herbowo,  pak  Agus Yekti Edy, bu Nunik, KPC P2TEL Tangerang Selatan dan para pengurus, KBPC P2TEL Tangerang Selatan dan anggota serta para PMP P2Tel Tangerang Selatan  yang beragama Islam yang terdiri dari 11 komsat yang tersebar di wilayah Tangerang Sealatan.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan sari tilawahnya.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran surat Al Baqara ayat 185 dan surat Adz Dzariyat ayat 56 dibacakan oleh Qori  Bpk. Napsirin dengan lantunan suara yang merdu dan menggetarkan hati  sehingga  menumbuhkan kesadaran bersama atas kebesaran dan kasih sayang Allah kepada  hamba Nya. Adapun sebagai pembaca saritilawah adalah Ibu Siti Robiana yang semakin memberikan pemahaman arti atau terjemahan atas ayat-ayat suci yang dibacakan oleh Qori.

Berproses di tarbiyah Ramadhan terbaik beroutput insan yang bertaqwa, keshalehan spiritual & sosial, persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli. Dalam kesempatan yang berharga dan mulia ini KBPC P2Tel Tangerang Selatan (Bpk. Budi Saptono) menyampaikan ungkapan rasa syukur   alhamdulillah masih dipertemukan kembali dengan Ramadhan 1445 H.

Mari kita memaksimalkan moment ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya, jadikan setiap tarikan nafas kita bisa bernilai ibadah. Hari ini menjadi hari yang istimewa karena menjadi hari awal ibadah puasa, Insya Allah kalau di awalnya baik, mudah2an untuk seterusnya juga akan menjadi baik. Aamiin.

P2TEL Tangsel mempunyai beberapa kegiatan rutin Binroh islam setiap bulan sekali yang  dikemas dalam  kegiatan KITAB akronim dari Kajian Intensif TiAp Bulan, namun khusus untuk bulan Ramadhan ini speed nya ditambah sebulan menjadi 4 x (4 series) yang dikemas dalam kegiatan KISPA (Kajian Intensif Selasa PAgi), masih ditambah lagi dengan rencana kegiatan safari ramadhan sebanyak  4 kali juga yang dilaksanakan setiap hari kamis dari rumah ke rumah anggota P2TEL.

Target yang ingin dicapai dari kegiatan itu semua adalah untuk meningkatkan derajat kesalehan spiritual sekaligus kesalehan sosial yaitu dengan menumbuhkan rasa syukur kepada Allah, lebih giat beribadah dan melakukan kegiatan amal soleh, menumbuhkan rasa empati, kepedulian dan kasih sayang kepada sesama anggota PMP dan lain-lain

Dalam kesempatan ini juga disampaikan informasi kekinian.

Pertama, mengingatkan kepada seluruh PMP (Penerima Manfaat Pensiun) yang belum  menyampaikan Laporan SPT Pajak tahun 2023 agar segera membuat laporan dimaksud paling lambat pada 31 Maret 2024.

Kedua, PMP yang belum menyelesaikan Data Ulang (DATUL) Semester 1 Tahun 2024, melalui Apilkasi Dapen Telkom Mobile,  apabila dalam pelaksanaannya mengalami kesulitan bisa menghubungi Pengurus atau menghubungi Komsat nya masing-masing.

Di penghujung sambutan KBPC P2TEL Tangsel mengajak pada moment ramadhan ini, marilah terus kita jaga dan tingkatkan semangat Kekeluargaan, Kebersamaan dan Saling Peduli diantara anggota PMP (Penerima Manfaat Pensiun).

Keutamaan dan amaliyah Ramadhan.

Alhamdulillah  Allah pertemukan dengan guru kita Ustadz Dr. KH. Burhan Ahmad Fauzan, SQ, MA yang memiliki jam terbang mengarungi perjalanan panjang menimba ilmu di S3 Ilmu Al Quran dan Tasfir Institute PTIQ Jakarta dan menjabat Direktur Al Burhan Institute of Learning Quran & Islamic Studies (BILQIS) serta  berdakwah dari masjid ke masjid, dari majlis taklim ke majlis taklim dan media dakwah lainnya  Ustadz Burhan  dalam membedah keutamaan dan amaliyah Ramadhan merujuk dan memedomani Al Quran antara lain :

Surat Al Baqara ayat 185

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Surat Adz Dzariyat ayat 56 : “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Ada 4 keutamaan, 17 amaliyah dan 14 tujuan dan hikmah puasa Ramadhan.

Keutamaan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya : bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh  ampunan, bulan turunnya Al Quran dan bulan yang di dalamnya terdapat Lailatul Qadr.

Adapun amaliyah yang menjadi keutamaannya : berpuasa, meninggalkan semua hal yang dapat merusak atau membatalkan puasa, memperbanyak membaca Al Quran, menghidupkan malam-malamnya, memberikan makanan untuk berbuka, hadir di majlis ilmu, memperbanyak sedekah, mengerjakan amalan sunnah, sahur dan mengakhirkannya, ta’jil (menyegerakan berbuka), memperbanyak dzikir, istighfar dan doa, jimak pada malam hari, umroh, i’tikaf, bila ada kelebihan rezeki belilah  pakaian bagus, makanan yang enak, tambahkanlah uang nafkah kepada keluarga, mempebanyak membaca kalimat takbir pada malam Idul Fitri hingga sholah Idul Fitri dan membayar zakat fitrah.

Diantara tujuan dan hikmah ibadah puasa antara lain :

Membersihkan jiwa dengan jalan mematuhi perintah-perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.  Puasa menyehatkan jasmani dan rohani.

Puasa dapat mengendalikan hawa nafsu dan melatih kesabaran. Puasa menjadi perisai atau pelindung dari api neraka. Menumbuhkan rasa syukur kepada Allah. Memperkokoh persatuan dan kebersamaan umat Islam. Memupuk rasa empati kepada sesama manusia. Menumbuhkan kasih sayang antar sesama hamba. Menjalin silaturrahim menjadi lebih kuat dan erat, baik dengan keluarga sendiri maupun terhadap sesama kaum muslimin. Membentuk pribadi yang disiplin dan bertanggungjawab.

Untuk sarana muhasabah diri. Menjadi sarana melebur dosa. Menuntun kita menjadi lebih giat ibadah dan amal shalih, serta menghindari bahkan membenci kemaksiatan.  Puasa menghantarkan manusia menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah.

Peserta bertanya, narasumber menjawab.

Dalam kesempatan tanya jawab sebagai media yang komunikatif dan interaktif dipandu oleh Bpk. Suradi selaku moderator dibantu Bpk. Eko Yulianto selaku Host dan Ibu Ina Marsina selaku Co Host .

Tercatat sebanyak 4 orang penanya  dengan pointers : fadilah membaca takbir dapat meleburkan dosa, mendengarkan bacaan Al Quran melalui media komunikasi (kaset dan sejenisnya) mendapatkan pahala mendengarnya saja. Membaca Al Quran akan lebih baik bila sekalian bertadabur.

Sholat witir 3 rakaat dalam 1 salam atau 2 salam disesuaikan dengan niatnya. Perbanyak ibadah dan amaliyah di masjid namun ketika mulai disibukkan dengan urusan lain khususnya bagi ibu-ibu maka niatkan untuk ibadah di Ramadhan.

Narasumber bertanya, peserta menjawab.

Dalam kesempatan tanya jawab ini juga memberikan tantangan kepada peserta karena narasumber mengajukan 2 pertanyaan dan KPC P2TEL Tangerang Selatan mengajukan 1 pertanyaan.

Ketiga pertanyaan tersebut dijawab dengan tepat dan cepat oleh peserta. Selamat, sukses dan berkah kepada Ibu Kusdarini, Ibu Sukaesih dan Bpk. Sulaiman Rasyid yang mendapatkan sweetener cashless dari P2TEL Tangerang Selatan.

Kesimpulan pada dimensi proses dan hasil.

Suradi selaku moderator menyimpulkan dengan pointers Approach : bersumber pada Al Quran dan Hadits. Deployment: berpedoman 4 keutamaan Ramadhan, 17 amaliyah dan 14 tujuan & hikmah berpuasa Ramadhan.

Learning : ikuti kajian majlis ilmu dan  perbaiki diri secara istiqomah.

Integration : mulai dari diri, keluarga berjamaah dan komunitas dalam beribadah dan berukhuwah dalam amaliyah.

Result : menjadi insan yang bertaqwa, keshalehan spiritual & sosial, persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli.

Di penghujung acara KISPA Series 2 secara online  ini  ditutup dengan closing statement analogi Ramadhan seperti siklus hidup dari ulat yang menjijikkan kemudian menjadi kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang indah dan mempunya daya tarik.

Kemudian diakhiri dengan    untaian  doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Dr. KH. Burhan Ahmad Fauzan, SQ, MA

Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yang  mempesona.

Demikianlah acara KISPA Series 2 online   ini semoga kita jumpa KISPA online berikutnya

Indah nian kain kebaya, dipake orang pergi ke pesta.

Semoga ibadah amaliyah puasa kita, menjadikannya insan yang bertaqwa. (Oleh : (Suradi-P2TEL Tangerang Selatan)-FR *

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close