Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangsel ber SafarI RAMadhan (SIRAM) 1445H-Keberkahan Hidup

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-

Indah dan berkahnya merajut silaturahim.

Alhamdulillah P2TEL Tangerang Selatan  tetap dan terus berkomitmen dan konsisten melakukan penguatan persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli dengan merajut silaturahim dan bertarbiyah Ramadhan Terbaik melalui media Safari Ramadhan 1445 H.

Suradi selaku pemandu rangkaian acara penyelenggaraan Safari Ramadhan 1445 H ini  mengatakan bahwa acara Safari Ramadhan ini diselenggarakan di saat bulan yang penuh berkah, rakhmat dan magfirah. Amal jariyah dan berkah.

Dalam kesempatan Safari Ramadhan yang pertama diselenggarakan di rumah pak A. Yuri Gartina yang juga pengemban amanah KPC P2Tel Tangerang Selatan pada Kamis, 14 Maret 2024 mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dan ucapan terimakasih atas kehadiran narasumber, tamu undangan dan seluruh peserta semoga menjadi amal jariyah dan berkah.

Kepada para pengurus cabang P2Tel Tangerang Selatan tetap dan terus berkarya untuk anggota meski tidak digaji. Selain bersilaturahim kita juga mendapatkan pencerahan dari Ustadz untuk mempertebal iman dan taqwa serta amaliyah kita terutama di Ramadhan ini.

Penguatan Persaudaraan, Kebersamaan dan Saling peduli.

Safari Ramadhan 1445H P2TEL Tangerang ini juga dihadiri oleh para senior pensiunan Telkom antara lain pak ASA, pak Dodi Sudjani dan pak Agus Yekti Edy.

Pada kesempatan yang berharga ini pak ASA merasa sangat bersyukur bisa berkumpul bersama dengan peserta Safari Ramadhan P2TEL Tangerang Selatan di bulan yang mulia bulan yang penuh keberkahan.

Selain bersilaturahim pak ASA juga berbagi informasi kekinian terutama yang berhubungan dengan pencalonan pak ASA sebagai calon Ketua Umum P2TEL.

Ada 3 kata kunci untuk membawa kesuksesan dan keberkahan P2TEL ke depan bila Allah ijinkan mengemban amanah Ketua Umum P2TEL yaitu Kemandirian, Membuat yayasan sebagai Gerakan sosial yang lebih luas dan melibatkan lebih banyak orang, Menjadikan P2TEL sebagai organisasi yang santun.

Dalam perjalanan dan perjuangan panjang ini yang dibutuhkan adalah tim sosialisasi atas pemikiran pak ASA untuk mengemban amanag Ketua Umum P2TEL.

Di penghujung sambutan pak ASA mohon doa dan dukungan para peserta Safari Ramadhan P2TEL Tangerang Selatan yang sedang berpuasa menjelang berbuka puasa in syaa Allah doanya diijabah Allah. Aamiin

Bersama membaca ayat-ayat suci Al Quran. 

Menambah keberkahan rumah sohibul bait dan penghuni serta peserta yang hadir  maka  secara bersama-sama para peserta membaca ayat-ayat suci Al Quran yang dipandu oleh Ustadz yaitu surat Al A’raf ayat 96 dan Shaad ayat 29.

“Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, niscaya Kami akan membukakan untuk mereka berbagai keberkahan dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan  (para rasul dan ayat-ayat Kami). Maka, Kami menyiksa mereka disebabkan oleh apa yang selalu mereka kerjakan”. (QS 7 : 96)

“(Al-Qur’an ini adalah) kitab yang Kami turunkan kepadamu (Nabi Muhammad) yang penuh berkah supaya mereka menghayati ayat-ayatnya dan orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran.”  (QS 38 : 29)

Keberkahan hidup : Hidup hanya sekali Hiduplah yang berarti.

Sebagai narasumber Safari Ramadhan 1445H kali adalah Ustadz Rahmad Lubis, MA yang juga sebagai Direktur perguruan Al Madinah Islamic Center KKMB BSD, Sekretaris Eksekutif Yayasan KKMB BSD, Kordinator Bidang Keagamaan Masjid Asy Syarif Al Azhar BSD dan Da’i Forum Masjid dan Musholla BSD dan sekitarnya (FMMB).

Lulus S1 Malikussaleh Aceh Utara 1997, S2 UIN Syarif Hidayatullah 2004. Turut bersyukur atas terselenggaranya Safari Ramadhan P2Tel Tangerang Selatan ini sebagai ikhtiar hidup hanya sekali hiduplah yang berarti dengan menebarkan kebaikan bagi diri dan orang lain.

Jangan jadi segelas air yang habis diminum sendiri, jangan jadi air seceret dan sesumur yang habis diminum hanya sedikit orang. Tapi jadilah air sungai yang airnya terus mengalir yang bermanfaat bagi orang banyak.

Lebih detil Ustadz menjelaskan kata berkah  juga selalu menjadi doa yang diucapkan untuk mendoakan agar kehidupan orang lain selalu diberkahi oleh Allah. Menurut bahasa, berkah –berasal dari bahasa Arab : barokah  artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78).

Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”. Imam Al-Ghazali dan Kamus Ma’ani Mu’jam memaknai kata berkah yaitu Annama-u, Azziyadah = bertambahnya kebaikan/Ziyadatul Khair.

Para ulama pun juga menterjemahkan makna kata berkah adalah segala hal yang berlimpah, baik dari aspek spiritual atau material. Termasuk di dalamnya kasih sayang, kebahagiaan, ketenangan, kenyamanan, waktu, usia dan lainnya.

4-Ciri Keberkahan Hidup.

Terdapat beberapa indikator orang-orang yang mendapat berkah dalam hidupnya sesuai dengan kriteria Al Quran  bisa dirasakan oleh manusia yang sifatnya imaterial atau spiritual. Minimal ada 4 ciri keberkahan hidup berikut ini.

1). Merasakan Nikmat dan Beramal Shaleh

“Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam” (QS: Al-An’am: 125)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa keberkahan hidup dari Allah salah satunya adalah dengan merasakan nikmat Iman dan Islam serta kenikmatan dalam beribadah. Tentunya tanpa ada perasaan tertekan, berat, atau merasa payah dalam menjalankannya.

Misalnya saja, saat melaksanakan sedekah. Maka kita akan merasakan keutamaan sedekah tersebut dan manfaatnya dalam hidup. Sehingga ringan untuk melaksanakannya.

2). Konsisten dalam Kebaikan

“Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus” (QS Ali Imron: 101)

Konsisten dalam kebaikan artinya kita terus berpegang teguh pada perintah Allah dalam kondisi apapun. Orang yang dalam hidupnya penuh dengan keberkahan maka dia akan menjalankan kebaikan tersebut secara konsisten sampai akhir hidupnya.

3). Merasakan Kerinduan pada Allah

Orang yang dalam hidupnya penuh dengan keberkahan, menyadari bahwa nikmat yang bisa ia rasakan saat ini bersumber dari Allah SWT. Untuk itu, tidak ada pilihan lain bahwa ketaqwaan dan selalu rindu kepada Allah adalah hal yang selalu dirasakannya. Karena mereka menyadari bahwa manusia tidak akan mendapatkan apapun tanpa pertolongan Allah.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. (QS Al-Anfal: 2-3)

4-Selalu Sabar Menghadapi Ujian

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung” (QS Ali Imran: 200)

Dengan keberkahan dari Allah SWT, maka orang-orang tersebut akan mudah untuk bersabar dalam menghadapi berbagai ujian. Baik ujian dalam kebahagiaan atau kesulitan. Seluruhnya adalah hal dengan ikhlas mereka hadapi.

Makna berkah dalam hidup memang bisa berbeda dari setiap orang. Namun, sebenarnya Allah senantiasa memberikan kemudahan dan kebutuhan dalam hidup kita, baik kita sadari ataupun tidak. Semoga sebagai manusia kita selalu menyadarinya dan bersyukur setiap saat akan kenikmatan yang menjadi berkah dalam hidup kita.

Untuk menambah keberkahan dalam hidup, sedekah bisa menjadi salah satu kuncinya. Rezeki yang merupakan salah satu nikmat dalam hidup ini, akan bertambah keberkahannya jika kita membagikannya kepada orang lain membutuhkan.

Keberkahan yang kita inginkan dari kehidupan bermasyarakat dan bernegara ini, tentunya tidak akan terwujud hanya dengan teori-teori dan arahan tanpa adanya kesadaran untuk saling mengingatkan dan keinginan untuk mau mendengarkan dan menerima kebenaran, serta adanya kepedulian untuk saling menghargai, saling mencintai, saling membantu dan memenuhi hak dan kewajiban.

Bukankah Allah mengingatkan agar kita selalu saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran. Mudah-mudahan kita senantiasa menjadi umat Rasul yang mampu istiqamah meningkatkan ketaqwaan kepada Allah. Aamin ya rabbal alamin.

Batu kecubung dari Kalimantan, warnanya indah dan memikat.

Beruntung ikut Safari Ramadhan, acaranya berkah dan bermanfaat.

Indah nian bunga melati, warnanya sungguh mempesona.

Demikianlah acara Safari Ramadhan ini, semoga kita bertemu di majlis ilmu berikutnya. (Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR*

P2Tel Tangsel ber SafarI RAMadhan (SIRAM) 1445H-Keberkahan Hidup

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close