Kesehatan

Mencegah flu

Musim hujan, tubuh bisa terkena flu. Apalagi jika Anda seharian berada di ruangan berpendingin lalu terkena hujan. Jangan sampai tubuh langsung demam karena flu menyerang. Saat Anda merasa tak enak badan, bersin berulang, pilek serta batuk, segerlah istirahatlah dan minum banyak air putih. Untuk membuat tubuh lebih fit, perbanyak juga konsumsi makanan berikut agar gejala flu tak makin parah.

Jeruk
Vitamin C jadi asupan penting ketika tubuh mulai terasa terserang flu. Perbanyaklah konsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi, seperti jeruk atau strawberry. Cara ini jauh lebih baik daripada mengkonsumsi tablet multivitamin.

Yogurt
Yogurt mengandung bakteri-bakteri baik yang membantu kerja saluran cerna dan mencegah terjadinya masalah pada perut. Dampak positif yogurt tak hanya itu, menurut penelitian yogurt juga membantu mengurangi risiko masalah infeksi pernapasan atas yang sering terjadi saat flu.

Bawang putih
Dalam bawang putih terdapat senyawa sulfur yang disebut allicin. Senyawa ini memproduksi antioksidan yang sangat kuat dan mampu menangkal flu. Saat flu datang, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi bawang putih mentah.

Sayuran hijau
Jadikan bayam, kale, sawi, dan sayur-sayuran warna hijau lain “sahabat” saat flu. Kandungan vitamin K, A, dan C-nya sangat tinggi dan membuat tubuh lebih fit. Makin gelap warna sayuran, makin baik.

Wortel
Sayuran ini mengandung beta karoten yang tinggi dan akan berproses dalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk membuat tubuh bisa menangkal flu secara maksimal dan membuat sistem imunitas tubuh jadi lebih baik. (Penulis: Mutia Nugraheni/MUT; Sumber:The Daily Meal dan http://www.beritasatu.com/kesehatan/238741-flu-datang-perbanyak-konsumsi-makanan-ini.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close