Wisata dan Kuliner

Maksimalkan destinasi unggulan-Sumut gelar festival Toba

Jakarta – Keindahan Danau Toba jadi daya tarik unggulan Provinsi Sumut menjaring wisatawan dari dalam dan luar negeri. Namun akibat rusaknya lingkungan di areal danau terluas di Provinsi Sumut itu, kini Danau Toba mulai ditinggalkan para wisatawan lokal dan mancanegara.

 

Dan salah satu upaya untuk kembali memulihkan kejayaan Danau Toba, pihak Provinsi Sumut dibantu Kemenpar kini berupaya mempromosikan besar2an. Salah satunya mengadakan Festival Danau Toba 2015 sebagai  upaya mengembalikan kejayaan Danau Toba sebagai destinasi unggulan di Indonesia.

 

Festival Danau Toba 2015 rencananya akan digelar 19-22 November 2015 mendatang yang dipusatkan di daerah Brastagi, Kabupaten Karo, Sumut. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat menggelar jumpa pers di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu (11/11).

 

“Pemerintah menyambut baik Festival Danau Toba (FDT) 2015 sebagai upaya kembali mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi terbaik yang ada di Indonesia. Pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan 10 obyek wisata unggulan untuk menciptakan nilai tambah (creating values, size, growth, spread, and benefit) agar mampu bersaing dengan destinasi lain di luar negeri,” ungkap mantan CEO Telkom itu.

 

Ditambahkan Arief, dengan merevitalisasi Danau proyeksi kunjungan wisata diharapkan meningkat. “Penyelenggaraan FDT 2015 ini adalah bentuk komitmen Pemda dan stakeholder pariwisata Sumut yang ingin menjadikan kawasan wisata Danau Toba diakui dunia sebagai destinasi berbasis geopark yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” papar Arief.

 

“Hal itu sejalan dengan keinginan pemerintah dengan memproyeksikan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 prioritas destinasi unggulan Indonesia. Dengan hal ini diharapkan investasi dan devisa yang ditargetkan pemerintah dapat terealisasi,” paparnya.

 

“Kalau tahun 2013 saja data yang ada 10.680 wisman dengan perolehan devisa sekitar US$ 10,6 juta, diharapkan selepas perbaikan baik sarana maupun prasarananya ke depan kunjungan wisman bisa mencapai 1 juta kunjungan dengan proyeksi devisa mencapai US$ 1 miliar,” sambung Arief.

 

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sumut, Elisa Marbun mengatakan selain akan menggelar atraksi seni dan budaya khas tanah Batak, FDT 2015 ini juga akan diisi beberapa lomba dan upacara tradisional khas Sumut yang tentunya akan menambah daya tarik di FDT 2015 ini.

 

“Dalam FDT 2015 ini kami akan menampilkan atraksi seni dan budaya khas rakyat Batak. Selain itu dalam festival ini juga akan diselenggarakan upacara tradisional, perlombaaan-perlombaan, karnaval ulos (pakaian khas Batak), fashion show etnik, serta hiburan yang akan diisi oleh artis dari ibu kota maupun daerah,” kata Elisa.

 

“Penyelenggaraan FDT 2015 ini diselenggarakan sebagai wujud syukur masyarakat atas keberadaaan Danau Toba yang berperan penting dalam kehidupan suku Batak yang tinggal didaerah pesisir Danau Toba,” kata Elisa Marbun. (Chairul Fikri/JAS; http://m.beritasatu.com/nasional/321447-maksimalkan-destinasi-unggulan-sumut-gelar-festival-danau-toba.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close