Wisata dan Kuliner

3-Danau Toba terindah di Indonesia

3-Danau Toba
Danau Toba adalah danau vulkanik berukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumut. Danau ini terbesar di Indonesia dan Asia tenggara. Di tengah danau ini terdapat pulau vulkanik (Pulau Samosir). Danau Toba jadi daerah wisata penting di Sumut selain Bukit awang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan 73.000-75.000 tahun lalu. Suatu letusan supervolcano (gunung berapi super) yang terbaru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³

Muntahannya 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh bumi, dari Cina-ke Afrika Selatan. Letusannya 1 minggu dan lontaran debunya 10 km di atas permukaan laut.

Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia.

Letusan itu ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walau para ahli masih memperdebatkannya. Setelah letusan itu, terbentuk kaldera yang terisi oleh air dan kini dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir. Bersambung ………………; (http://agusbudiawan.wordpress.com/2013/11/23/mbolang-17-danau-terindah-di-indonesia-1/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close