Wisata dan Kuliner

Kota Sepi Indonesia(3/5)

(boombastis.com)- 6-Berau Kaltim

Berau identik dengan wisata penyelaman yang spektakuler. Bahkan terkenal salah satu paling bagus di dunia. Kita bisa menemukannya di Pulau Derawan yang masuk ke wilayah Kabupaten Berau.

 

Dengan wilayah mencapai 34 km2, Berau hanya dihuni oleh 6 penduduk saja per km2. Jumlah ini tidak sebanding dengan wilayah dan pontensi yang dimilikinya.

 

Berau berbatasan dengan Malaysia. Beberapa penduduk lokal merasa terbiasa bertransaksi dengan orang negara tetangga. Hal ini terjadi karena perhatian pemerintah doeloe minim pada orang di Berau. Padahal destinasi wisata di daerah ini cukup diperhitungkan, keindahan alamnya bisa menyamai gemerlapnya Bali.

7-Banyuwangi Jatim

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa Timur. Jika dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Jawa, Banyuwangi termasuk kabupaten yang cukup lengang.

 

Hanya ada sekitar 290 orang per km2 di wilayahnya yang luas hingga sampai Selat Bali. Kabupaten yang yang mendapat julukan sebagai The Sunrise of Java ini, menyimpan segudang potensi yang terkenal hingga manca negara.

 

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke kota sepi di Jawa Timur ini adalah Kawah Ijen. Sebuah gunung aktif yang dijadikan tambang Belerang oleh penduduk lokal.

 

Setiap tahun ada banyak turis dari Eropa yang datang ke sini, biasanya mereka memburu blue fire, sebuah cahaya warna biru akibat fenomena belerang. Dan hanya ada dua di dunia. Menarik sekali bukan?

 

(Adi Nuggroho; Bahan dari : https://www.boombastis.com/kota-sepi-indonesia/25001)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close