Wisata dan Kuliner

Bupati Ikutan Menerbangkan Layang Layang Raksasa

(daerah.sindonews.com)-POLEWALI MANDAR; Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar bersama ratusan warga ikut menerbangkan layang-layang Lake berukuran raksasa. Puluhan warga mengarak layang-layang ini di ruas Jalan Trans Barat Sulawesi, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar, (8/8/20).

Mereka ke lapangan luas untuk menerbangkan layang-layang raksasa itu secara perdana dalam rangka menyambut HUT ke-75 RI. Bahkan Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar ikut serta menyaksikan layang-layang Lake raksasa diterbangkan bersama dan pertama kali setelah gagal diterbangkan.

Layang-layang Lake raksasa ini sempat memacetkan arus lalu lintas lantaran ukuran yang jumbo dan memenuhi bahu jalan saat dibawa warga. Tak ketinggalan Bupati Polewali Mandar ikut mengarak layang-layang ini ke lokasi diterbangkan di hamparan persawahan yang belum dikerjakan oleh petani.

Ada 6 layang-layang Lake yang diterbangkan perdana bersama disaksikan Bupati dan ratusan masyrakat dari pelosok. Salah satu layang-layang warna merah putih berukuran 30 mt panjang, mulai dari kepala hingga ekor dan lebar 10 mt lebih.

Bupati Beserta rombongan dan ribuan warga yang memadati lokasi untuk diterbangkan takjub dengan ukuran besar dengan bermacam warna. Bahan untuk pembuatan layang lake raksasa ini dipakai  balok kayu dan sebagian bambu.

Untuk menerbangkannya butuh bantuan hingga puluhan orang dengan kekuatan angin yang kencang. Sayangnya tak semua layang-layang Lake dapat diterbangkan, terutama yang raksasa, lantaran kekuatan angin tidak kencang alias hanya sedang. Selain butuh bantuan puluhan orang, tali yang digunakan untuk menaikkan layangan tradisonal khas mandar ini jenis tali khusus ukuruan besar yang biasa dipakai untuk menarik kapal laut.

Menurut Bupati, kegiatan ini bentuk kreatifitas Masyarakat di Tanah Mandar untuk menjaga tradisi. Yaiitu tiap memasuki musim kemarau layang-layang Lake (biasa disebut Marra) akan diterbangkan di sejumlah titik lokasi.

Tak hanya sebagai ajang kegemaran masyarakat, namun rencana Bupati akan mengikutsertakan layang-layang Lake raksasa ini untuk ikut Ajang Festival Layangan Internasional yang biasa diadakan di Bali. Hanya kondisi kecepatan angin yang kurang, membuat pelaksanaan untuk menerbangkan layang-layang ini ditunda sementara.

 

(nth; Huzair Zaenal;Bahan dari : https://daerah.sindonews.com/read/127404/174/bupati-pun-ikutan-menerbangkan-layang-layang-raksasa-1596902907)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close