Wisata dan Kuliner

Pizza kayu bakar bergabung dengan Rendang

Semarang, Kompas.com-Rendang makanan tradisional yang mendunia. Kini rendang hadir dengan variasi beragam. Salah satu yang menarik : Rendang dipadu pizza tradisional khas Italia. Citrus Restaurant di Novotel Semarang memadukan kekhasan hidangan itu.

 

Pizza tradisional Italia, yaitu pizza kayu bakar yang renyah berpadu gurih dan pedasnya rendang khas MInang. Beda dengan pizza umumnya, Pizza Kayu Bakar itu pizza khas Italia dibuat dengan tradisional. Pizza dibakar menggunakan tungku batu yang berisi kayu bakar bersuhu minimal 300 derajat celcius.

 

Aroma setiap jenis topping-nya menguat sesaat pizza dikeluarkan dari tungku seluas 1.5 m2 itu. Tungku yang terbuat dari batu bata merah dan batuan gunung berapi membuat pizza ini tak perlu ber-lama2 berada di dalamnya, cukup dua hingga tiga menit.

 

“Kayu bakarnya yang bikin aroma pizza keluar, apalagi diolesi minyak zaitun di atas pizzanya,” ujar Cahyo Hendrawono, Koki di Novotel Semarang, saat membuat Pizza Kayu Bakar di Citrus Resto (8/9/16). Aroma rempah dalam rendang yang khas sangat menggoda.

 

Tak sabar, KompasTravel pun berkesempatan mencicipi hidangan gabungan dari ciri khas dua negara tersebut. Pizza kayu bakar ini dibuat dengan adonan yang tipis, sehingga tidak boleh berlama-lama menyantapnya agar mendapatkan sensasi tekstur yang renyah.

 

Gigitan pertama adonan terasa garing. Namun, yang menyita perhatian KompasTravel adalah sensasi pedas redang bercampur rempah begitu menantang di lidah. Dagingnya yang tebal terasa empuk. Daging rending itu dimasak dengan proses presto sebelum digabung dengan pizza.

 

Olesan saus tomat pronto lazim di atas adonan roti pizza, diganti saus cabai hijau pedas asal Indonesia. Di atasnya barulah tumpukan daging rendang lembut dilapis keju mozarela yang menghasilkan rasa gurih di setiap potongannya. Tak tanggung2, sensasi pedas didukung taburan potongan cabai merah besar di lapisan paling atas.

 

“Pizza menggunakan adonan seperti biasa, rendangnya juga menggunakan rempah standar masakan Padang. Hanya saus tomat diganti cabe ijo, selebihnya tidak menggunakan bumbu lagi karena sudah dari rendangnya,” ujar Cahyo pada KompasTravel.

 

Selain menu rendang, pizza kayu bakar di Citrus Restoran tersebut dihadirkan dalam beberapa varian. Bagi penggemar keju, Anda dapat mencoba Quatro Fromagie Pizza karena mengandung empat jenis keju yaitu mozzarella cheese, grana padano, cheese, brie cheese, dan blue cheese, Cicilian Pizza, Bresaola Pizza, Luigi’s Favorite Pizza dan jamurnya, Netuno Pizza dengan daging tunanya.

 

Juga Gamberoni Pizza ber-topping udang segar. Hidangan2 itu dapat dinikmati di Citrus Resto hari Rabu – Jumat pukul 17.00 – 22.00. Harga dari Rp 72.000. (Muhammad Irzal Adikurnia; Ni Luh Made Pertiwi F; http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/120500127/rendang.pedas.digabung.pizza.kayu.bakar.bagaimana.rasanya.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close