Kesehatan

Selandia Baru Catat 100 Hari Tanpa Tambahan Covid-19

(kabar24.bisnis.com)- JAKARTA; Selandia Baru melewati 100 hari tanpa satu pun kasus virus corona baru domestik. Negara itu menerapkan lockdown paling ketat di dunia pada bulan Maret, dan kini tidak ada kasus baru penularan komunitas sejak 1 Mei.

 

Tanggal itu hanya 63 hari setelah negara itu pertama melaporkan kasus virus di antara 5.000.000 populasinya. Sejak itu, tercatat 22 kematian, dan jumlah infeksi mencapai 1.219, menjadikannya salah satu tempat teraman di dunia untuk virus corona.

 

Warga Selandia Baru kembali ke kehidupan normal, tapi pihak berwenang terus memperingatkan agar tidak berpuas diri. Ada kekhawatiran warga sekarang mungkin menolak lockdown, tidak mengikuti aturan kebersihan dasar atau lupa menggunakan aplikasi lacak dan lacak pemerintah.

 

Dr Ashley Bloomfield, Direktur Jenderal Kesehatan, mengatakan mencapai 100 hari tanpa penularan dari komunitas adalah pencapaian yang signifikan.

 

“Namun, seperti kita tahu, kita tidak boleh berpuas diri. Kami melihat di luar negeri betapa cepatnya virus dapat muncul kembali dan menyebar di tempat-tempat yang sebelumnya terkendali, dan kami  bersiap segera membasmi tiap kasus di masa depan di Selandia Baru.” Katanya dikutip dari metro.co.uk.

 

Catatan Selandia Baru sama seperti Melbourne, di Australia, yang menerapkan lockdown 6 minggu karena munculnya kasus baru akibat pelanggaran jarak sosial. Juga, Vietnam kini mengalami wabah di Danang setelah tiga bulan tidak ada kasus baru penularan di dalam negeri.

 

PM Jacinda Ardern dipuji atas responnya pada pandemi, khususnya pembatasan lockdown yang cepat dan manajemen kontrol perbatasan. Negara itu mengisolasi mandiri wajib semua kedatangan internasional pada bulan Maret, meski memiliki 6 kasus virus saat pengumuman. Perbatasan ditutup sepenuhnya untuk pertama dalam sejarah Selandia Baru karena jumlah kasus baru saja melewati 20.

 

Ardern mengumumkan Keadaan Darurat Nasional (25/3/20), dan semua warga negara dikurung di rumah mereka. Negara itu memasuki Tingkat Siaga 1, yang menunjukkan ancaman terendah bagi penduduk, pada 8/6/20.

 

(Reporter/Ediitor : Mia Chitra Dinisari;  Bahan dari : https://kabar24.bisnis.com/read/20200809/19/1276998/selandia-baru-catat-100-hari-tanpa-kasus-baru-covid-19)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close