Iptek dan Lingk. Hidup

Mobil Listrik Tesla Jadi Perahu Saat Melintasi Banjir

(cnnindonesia.com)- Jakarta, CNN Indonesia; Mobil murni listrik, khususnya merek Tesla, nampaknya mampu melindungi diri saat melintasi banjir. Hal ini menguntungkan pengemudi dan penumpang sebab logikanya mobil listrik atau mobil dengan pembakaran berbahaya berada di lingkungan berair.

 

Baru-baru ini terlihat video yang memperlihatkan Tesla Model 3 menerjang banjir. Ketinggian air yang dilintasi tak main-main karena tampak menutupi sampai sebagian pintu dan kap. Video itu diketahui terekam di Shanghai China dan ramai diperbincangkan seperti diceritakan Carscoops.

 

Mobil listrik jelas tak punya mesin pembakaran dalam, namun mobil ini dipenuhi komponen yang mengandalkan kelistrikan dengan arus dan tegangan tinggi. Risiko mobil listrik bila terendam banjir bukan cuma eksternal tapi juga dapat korsleting yang berisiko fatal.

 

Dalam video terlihat pengemudi Model 3 nekat meluncur pada area banjir itu. Ini seperti menepis kekhawatiran mobil listrik bisa rusak hingga tak bisa dikendarai ketika terendam.

 

Pada mobil pembakaran dalam, banjir yang menutup kap mungkin menyebabkan water hammer karena air dapat menyusup melalui jalur pengisap udara di belakang grill sampai ke ruang pembakaran.

 

Air adalah material terlarang saat mesin mengolah campuran BBM dan udara yang disulut percikan api oleh busi. Biaya perbaikan water hammer yang merusak komponen internal mesin bisa mencapai puluhan juta, itu pun belum ditambah reparasi seluruh bagian mobil yang terlanjur terendam air.

 

Elon Musk, pemilik merek Tesla, menyatakan Tesla mampu seperti perahu saat banjir. Menurut Musk, Tesla dapat mengapung cukup baik di atas air dan dapat melaju mengandalkan putaran roda. Kendati begitu Musk tidak menyarankan konsumen melakukan itu.

 

CNNIndonesia.com sebelumnya juga menjajal unit Tesla Model 3 di Jakarta yang dikepung banjir. Pada kesempatan itu ketinggian air sekitar 15-20 cm, namun kami tidak menemukan kendala berarti.

 

(rytv/tea;   Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200810102924-384-533965/mobil-listrik-tesla-berubah-jadi-perahu-saat-lintasi-banjir)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close