Iptek dan Lingk. Hidup

Otoritas Penasaran-Ribuan Serangga Serbu Masjidil Haram

(international.sindonews.com)-MAKKKAH; Otoritas kota Makkah penasaran dengan serbuan ribuan serangga ke kompleks Masjidilharam. Tim khusus telah mengunjungi tempat suci umat Islam ini untuk mencari tahu alasan di balik kemunculan ribuan belalang, jangkrik dan kecoak.

Mereka ambil sampel serangga, dipelajari dan ditentukan penyebab di balik kemunculan mereka yang tiba2. Para spesialis berupaya menentukan dari mana asal ribuan serangga itu sehingga bisa dengan cepat dimusnahkan dan mencegah kejadian serupa tak terulang di masa mendatang.

Fahd Al-Malki, pejabat Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pembersihan karpet Masjidilharam, mengatakan serangga2 itu telah dimusnahkan sebelum salat Jumat lalu. “Serangga tidak menyebabkan bahaya pada jemaah,” katanya.

Tim khusus belum tahu sumber pasti atau tempat2 serangga itu berasal. “Mereka tiba2 datang ke Masjidilharam antara salat Isya dan matahari terbit” ujarnya dan menambahkan “perang” melawan serbuan serangga beberapa hari terakhir telah mengurangi jumlah hewan itu di area plaza dan mataf.

“Kita semua bekerja bersama untuk mengakhiri kehadiran belalang hitam di dalam Masjidilharam untuk kenyamanan para jamaah, para peziarah dan pengunjung,” ujarnya, yang dikutip dari Saudi Gazette, Minggu (13/1/2019).

Kepresidenan mengadopsi rencana terpadu memerangi serangga dan mencegah kehadirannya di Masjidilharam, terutama hari Jumat. Kepresidenan memiliki peralatan baru bernama “Caesar Mob” untuk mencegah penyebaran serangga di masjid suci itu. Peralatan itu akan menarik serangga ke satu tempat dan akan disemprot dengan insektisida.

Sekitar 100 unit peralatan digunakan 24 jam sehari dengan tiga shift. Plaza eksternal dan internal selain area mataf dibersihkan tiap hari pukul 07.30 pagi sebelum karpet dipajang. Pembersihan juga dilakukan di tempat imam dan mimbar dengan diberi wewangian secara teratur. (mas; Muhaimin; Bahan dari : https://international.sindonews.com/read/1369962/43/otoritas-makkah-penasaran-ribuan-serangga-serbu-masjidilharam-1547325850)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close