Iptek dan Lingk. Hidup

Sehen yang hemat enerji

Lampu Tenaga Surya Hemat Energy yang diberi nama Lampu sehen adalah hasil karya cipta PLN. SEHEN adalah merupakan kependekan dari Super Ekstra Hemat Energi. Kelebihan Lampu ini sehen memiliki 4 hal yaitu lebih hemat dari lampu biasa.

 

Lampu sehen digunakan untuk penerangan di wilayah dan pulau terpencil di Indonesia Timur, utamanya propinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat yang masih rendah, yaitu masing-masing 32% dan 26%. Diharapkan kedua wilayah ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasinya jadi 61% tahun ini.

Lampu sehen ini berdaya sekitar 15 W. Sumber listriknya dari tenaga surya atau sinar matahari dengan media solar panel atau solar cell. Seperti diberitakan beberapa waktu lalu PLN sedang menggalakkan program hemat energi listrik dalam pemakaian lampu.

 

Tujuan dari penghematan ini tidak lain adalah konsumen bisa menghemat energi listrik dengan cara menggunakan jenis lampu yang hemat energi namun tetap berfungsi sebagaimana mestinya dalam penerangan.

 

Saat ini banyak sekali kelompok lampu, diantaranya untuk lampu neon dengan berbagai macam type seperti TL,CFL, CCFL dll. Namun seiring perkembangan tehnologi terobosan baru telah ditemukan dengan diciptakannya lampu Led sehen yang merupakan jenis lampu yang lebih hemat daripada Neon.

Untuk menunjang kebutuhan itu perusahaan listrik tenaga surya menjual lampu sehen atau led sehen. Sebagai distributor lampu led sehen PLN berusaha memenuhi kebutuhan listrik hemat energi untuk daerah terpencil yang belum terjangkau PLN. (http://m.kompasiana.com/post/read/682644/2/lampu-sehen-lampu-tenaga-surya-hemat-energy.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close