Wisata dan Kuliner

Segara anakan, yang menawan

Obyek wisata ini danau kawah Gunung Rinjani berlokasi di p. Lombok, NTB. Namanya Segara Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Segara Anak merupakan danau di kaldera gunung Rinjani Desa Sembalun Lawang, Lombok.

 

Segara (laut) anak berarti anak laut yang di yakini bagian dari laut yang terpecah ke dalam sebuah pulau. Hal ini di dasari atas warna air yang biru laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika anda mendaki G-Rinjani (3726 Mdpl), umumnya Tour Guide membawa anda melintasi danau ini dan bermalam di sana.

 

Banyak hal menarik dilakukan di danau ini. Di danau ini banyak ikan dari ikan nila, mas, dan mujair. Ikan ini dikembang-biakkan Pemda dan masyarakat untuk menambah daya tarik dari danau segara anak. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan pancing bagi anda yang berminat mendaki gunung Rinjani.

 

Para pendaki G-Rinjani banyak membuat jalur pendakian. Menyusuri lembah disamping danau untuk memberi sesajen pada dewa didasar danau. Dari danau terlihat gunung volcano (Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi), merupakan anak gunung Rinjani dan didekatnya ada sumber air panas yang dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit kulit.

 

Di kawasan perkemahan dekat danau segara Anak ini terdapat pohon tua yang dikeramatkan. Dengan perantara pohon ini diyakini yang diinginkan dapat terkabul. Mitos yang berkembang, jika berkeinginan yang belum terkabul maka gantungkan sebuah batu pada pohon ini lalu ucapkan keinginan anda.

 

Jika keinginan anda tercapai, maka batu yang anda gantungkan sebelumnya harus segera dilepaskan. Menurut masyarakat setempat, jika anda tidak mengembalikan batu tersebut maka keinginan yang telah anda raih akan kembali sirna.

 

Pemandangan di Danau ini indah menakjubkan. Banyak wisatawan luar-dalam negeri mendaki Gunung Rinjani menyaksikannya. Danau Segara Anak yang luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m. (http://agusbudiawan.wordpress.com/2013/11/23/mbolang-17-danau-terindah-di-indonesia-1/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close