Iptek dan Lingk. Hidup

Menjaga Rantai Sepeda Motor Tetap Ciamik

(otomotif.okezone.com)-JAKARTA; Rantai Sepeda Motor jadi salah satu komponen terpenting yang tidak boleh diabaikan.  Untuk mendapatkan rantai ciamik dan bisa berfungsi baik, perawatan rantai wajib dilakukan. Ini akan membuat kendaraan sepeda motor kita tetap aman dan nyaman.

 

Kepala mekanik bengkel Motor Adidaya, Setiadi mengatakan, rantai sepeda motor punya jenis yang berbeda-beda, dan cara membersihkannya juga berbeda.

 

“Karena jenisnya berbeda, wajib mengecek mata rantai dan sprocket gear dulu. Caranya, goyangkan rantai ke kanan dan kiri, serta tarik ke belakang apakah kendur atau tidak,” terangnya.

 

Menurut Adi, sprocket gear yang aus bisa terlihat dari mata gear yang tajam. Jika tajam, segera diganti. Setelah itu, proses membersihkan rantai bisa dilakukan.

 

“Untuk membersihkan rantai, terutama di sela-selanya, bisa pakai sikat gigi kecil. Agar kotoran oli hilang, gunakan bensin dulu baru sikat lagi menggunakan sabun colek atau sabun cain pencuci piring,” ujarnya.

 

Lakukan penyikatan secara berulang agar bersihnya maksimal. Kemudian bilas rantai menggunakan air bertekanan tinggi hingga kotoran terbuang semua.

 

“Setelah dibilas dengan air bertekanan tinggi, cek sekali lagi rantai supaya benar-benar bersih. Kemudian diamkan hingga kering. Saat sudah kering, lalu balurkan oli secara merata,” tambahnya

 

(sst; Susi Susanti;  Bahan dari : https://otomotif.okezone.com/read/2021/01/04/87/2338644/tips-menjaga-rantai-sepeda-motor-tetap-ciamik)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close