Cermin bisnis Anggota

Anda berminat jadi Reseller Kascing?-Pensiunan Telkom berpeluang

Ada yg berminat menjadi reseller atau mendistribusikan via Sespan atau Kendaraan Pickup, silahkan hubungi saya,  Haris Benyamin di 0811249831

 

Planing saya disetiap kota akan diedarkan kascing via sespan atau kendaraan pickup seperti Tahu Bulat. Sasarannya para hobiis tanaman di komplek2 perumahaan dan Hotel2 serta sekolah2. Fee cukup menarik diatas 30%

 

Setelah anda baca “Mengenali Pupuk Kascing” dibawah ini, anda bisa melihat daftar Reseller Pupuk Organik Kascing posisi tanggal 7/2/2017. Silahkan tekan “Klik” (Benyamin Haris)-FR

Agar lebih yahud, berikut ikuti dan kenali “Pupuk Kascing”, monggo :

Kascing (Bekas Cacing), salah satu pupuk organik. Kascing, pupuk organik berupa kotoran cacing yang dikeringkan. Cacing berperan penting dalam dunia pertanian yaitu dapat menyuburkan tanah.

 

Lahan yang banyak cacing berarti lahan itu subur. Manfaat cacing di tanah menurunkan pH tanah yaitu memakan tanah dengan pH rendah dan mengeluarkannya dengan pH kisaran normal. Selain itu cacing  menggemburkan tanah. Karena bermanfaat di dunia pertanian kini kotoran cacing dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan media tanam.

 

Pupuk kascing dapat diproduksi dari campuran limbah ternak dan sisa tanaman di bantu cacing. Pupuk kascing mengandung auksin yang merangsang pertumbuhan akar. Karena itu, kascing jadi favorit bagi  petani karena terbukti lebih efektif meningkatkan mutu produksi tanaman, sayuran atau buah2an.

 

Kascing (vermicompost), hasil metabolisme tubuh cacing atau kotoran cacing tanah. Kascing atau vermicompost ini kaya unsur hara untuk kesuburan tanah. Kascing ber-unsur hara lengkap, baik unsur kimia makro dan kimia mikro yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

 

Hal ini karena kascing dalam prosesnya mengalami 2x proses penguraian. Pertama, karena peran penting dari bakteri sebelum dikonsumsi cacing. Kedua karena peran cacing, yaitu saat dalam perut cacing mengalami penguraian lewat proses metabolik. Maka tidak salah bahwa cacing adalah salah satu Bio Degradable Engine.

 

Unsur2 kimia dalam kascing  siap diserap tanaman dan berguna bagi pertumbuhan dan produksinya. Disamping itu kascing mengandung mikroba dan hormon perangsang pertumbuhan tanaman. Jumlah mikroba yang banyak dan aktivitasnya tinggi ini bisa mempercepat pelepasan unsur2 hara dari kotoran cacing jadi bentuk yang tersedia bagi tanaman.

 

Kandungan pupuk organik

Kandungan dalam kascing bergantung sumber makanan cacin. Makin beragam kandungan unsurnya maka makin beragam kandungan unsur2 dalam kascing. Umumnya kandungan hara kascing :  Nitrogen (N) 0,63%, fosfor (P) 0,35%, kalium (K) 0,20%, kalsium (Ca) 0,23%, magnesium (Mg) 0,26%, natrium (Na) 0,07%, tembaga (Cu) 17,58%, seng (Zn) 0,007%, manganium (Mn) 0,003%, besi (Fe) 0,79%, boron (B) 0,21%, molibdenum (Mo) 14,48%, KTK 35,80 meg/100mg, kapasitas menyimpan air 41,23%, dan asam humus 13,88%.

 

Keuntungan pupuk Kascing

Tidak butuh biaya banyak, karena bahan2 dalam membuat pupuk kascing hanya cacing,  daun/ sayur kering intinya bahan organic (dapat membusuk cepat). Mudah pembuatannya, karena tidak perlu alat canggih dalam membuatnya, serta mudah dipelajari.

 

Pupuk kascing bersifat continue. Sehingga pupuk kascing tidak merusak tanah karena menggunakan bahan alami pembuatannya, hal ini membuat pupuk kascing bisa digunakan terus menerus tanpa menimbulkan efek negatif bagi tanah dan tanaman.

 

Kerugian pupuk Kascing

Efektifitas kascing pada tanaman kurang cepat atau butuh  lebih lama dari pupuk anorganik. Karena pupuk kascing alami. Perlu ketelitian mengolah bahan yang digunakan, bila salah mengolah hasilnya kurang memuaskan, mungkin mengecewakan. Contoh bila menggunakan bahan organik seperti sisa jeruk, pastikan sisa jeruk kering. Bila tidak kering mengakibatkan cacing mati, karena cacing tidak tahan terhadap tingkat keasaman yang tinggi.

 

Manfaat pupuk Kascing

Pupuk kascing yang siap digunakan, bermanfaat tinggi, bagi tanah-tanaman. Manfaat pupuk kascing :

 

  • Meningkatkan pertumbuhan vegetatif dan generatif untuk tanaman hias-sayuran-buah2an.
  • Memperbaiki / meningkatkan penampilan tanaman jadi lebih eksotis (warna bunga, tekstur dan postur pohon)
  • Baik digunakan sebagai campuran media tanam pada persemaian.
  • Mengandung hormon yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah

 

Banyaknya kelebihan dari penggunaan pupuk kascing, maka petani yang biasa pakai pupuk anorganik, beralihlah ke pupuk kascing. Meski pupuk anorganik bisa panen lebih maksimal, namun dalam jangka lama membuat rusaknya lingkungan. Akhirnya hasil panen menurun.

 

Berbeda dengan kascing, bila digunakan jangka lama akan meningkatkan mutu tanah. Hasil panen tidak sebanyak dengan pupuk anorganik tapi menghasilkan jumlah panen yang relatif stabil-berkelanjutan. (http://pengetahuanpanganpertanian.blogspot.co.id/2015/02/mengenal-pupuk-kascing-pupuk-dari.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close