Kesehatan

Kapan sebaiknya timbang badan

Buat sahabat yang minat turunkan berat badan, benda paling sering dipakai adalah timbangan. Angka di timbangan menunjukkan, Anda berada di jalur yang benar, atau makin jauh dari tujuan. Maka sering orang deg2an melihat angka timbangan.

 

Padahal menimbang badan teratur adalah salah satu cara yang tepat melihat kemajuan upaya kita. Menurut National Weight Control Registry di AS, 75% orang sukses menurunkan berat badan adalah mereka yang teratur menginjakkan kaki di timbangan.

 

Study yang dimuat di Journal of Nutrition and Dietetics menemukan orang yang berhasil menurunkan beratnya lebih bisa mempertahankan kondisi itu bila ia teratur menimbang badan. Karenanya jangan takut menimbang badan. Namun ikutilah aturan yang benar saat melakukannya agar dapat hasil yang benar.

 

Pertama, dokter menyarankan agar kita menimbang badan setiap hari pada waktu yang sama. Alasannya, berat badan kita mengalami naik turun sepanjang hari, sehingga bila kita melakukannya di waktu berbeda, angka yang terbaca mungkin tidak mencerminkan kenaikan atau penurunan berat.

 

Pertanyaan selanjutnya : kapan waktu yang tepat dalam seharian itu? Menurut para ahli nutrisi dan kesehatan, kita sebaiknya menimbang berat badan pada pagi hari, setelah kita mengosongkan perut dan sebelum kita sarapan atau berolahraga.

 

Hal ini tidak saja menghasilkan angka timbangan yang lebih rendah, namun kita juga mendapat angka akurat tentang berapa berat kita sebenarnya. Selain itu, pastikan timbangan berada di permukaan yang keras dan rata, tanpa karpet, lalu letakkan kaki secara imbang di atasnya.

 

Jadi Anda dapat angka tepat untuk mengukur kemajuan usaha menurunkan berat badan. (Wisnubrata; Reader Digest dan  http://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/26/171604820/kapan.waktu.yang.tepat.untuk.menimbang.badan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close