Kesehatan

Kecanduan Ponsel berisiko jompo

Jakarta-Kecanduan ponsel gak baik bagi kesehatan. Aktivitas fisik melambat, dan kemungkinan nyeri leher meningkat karena terus memelototi layar ponsel. Ini dibuktikan di University of Cambridge bahwa kecanduan telepon membuat seseorang jadi makin lambat.

 

Terutama saat berjalan. Perubahan ini setara kemampuan fisik seorang lansia usia 80-an tahun. Saat jalan sambil kirim pesan via ponsel, seseorang cenderung lebih lambat hingga 30%  menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One. Sedang saat bicara di telepon, mereka berjalan 19% lebih lambat.

Ketika  mengetik pesan, seseorang teramati berjalan lebih lambat hingga 40% (dikutip Business-standard). Perhatiannya terhadap kondisi jalan banyak beralih karena harus mengamati layar ponsel untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik pada pesan yang mau dikirim.

Penelitian ini tidak melihat dampak kecanduan ponsel dalam jangka panjang. Namun diyakini, perubahan ini berpengaruh juga pada postur yang cenderung menunduk saat menggunakan ponsel. Dikhawatirkan, postur yang tidak ideal ini akan memicu nyeri leher dan punggung.

Sang ilmuwan Dr Matthew Timmis melibatkan 21 relawan dengan sensor gerak dan pemindai mata. Dr Timmis mengamati perilaku partisipan dalam 252 skenario, dari baca pesan, tulis pesan, hingga bicara di telepon. (Diedit dari : up/wdw ; AN Uyung Pramudiarja; https://health.detik.com/read/2017/07/03/082201/3545858/763/ini-sebabnya-seseorang-jadi-jompo-saat-kecanduan-ponsel?l992205755)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close