Wisata dan Kuliner

Purwakarta jadi kota wisata kenangan

JAKARTA-Anda berlibur dan Ingin stay di Jakarta dan Bandung? Cobalah arahkan pandangan ke Purwakarta. Aksesnya mudah dijangkau. Dari Jakarta jaraknya 74 km. Dari Bandung, hanya 72 Km. Lokasinya persis di tengah kedua kota besar Jakarta-Bandung. Dan timing ke Purwakarta tidak lama. Berkendara 1-1,5 jam, Anda sampai di Purwakarta.

”Kalau yang sering ke Jakarta dan menyambangi Kep-Seribu, bisa sedikit melipir  berlibur ke Purwakarta. Yang suka wisata belanja  di Bandung, bisa mampir ke sana. Hanya 1-1,5 jam dari Jakarta dan Bandung lewat Tol padalarang. Dan saat di Purwakarta, banyak keindahan alam dan buatan”ujar Menpar Arief Yahya (21/6).

Pria mantan Dirut Telkom itu mengatakan, Kab-Purwakarta punya banyak objek wisata unik, asri, nyaman, juga wisata buatan air mancur yang diyakini bakal mendunia:  Air Mancur Sri Baduga. Keberadaan air mancur berjoget itu disebut Menpar Arief Yahya setara air mancur di Dubai Uni Emirat Arab dan Guangzhao, Tiongkok.

 

“Saya sudah saksikan kedahsyatan atraksinya. Hanya dua kata, kerennya pool,” kata Arief Menteri asal Banyuwangi itu tak asal bicara. Taman yang luasnya 2 HA itu masuk ke dalam 5 top destinasi wisata di Indonesia.

Highly recommended untuk wisatawan domestik dan Wisman lantaran luas tamannya terbesar di Asia Tenggara. Datanglah Sabtu dan Minggu malam atau di sepanjang Liburan, untuk menyaksikan light effect air mancur paling keren,” kata Menpar. Ini yang direkomendasikan Menpar Arief Yahya untuk dikunjungi di Purwakarta.

1-Taman Sri Baduga
Inilah taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Di sekitar air mancur ini ada Situ Beleud dengan luas 4 hektar yang makin mempercantik pemandangan sekitar air mancur. Air mancur di Taman Sri Baduga ini disebut-sebut bakal menyaingi air mancur Wing of Time di Singapura.

2-Curug Cipurut
Curug Cipurut salah satu air terjun di Purwakarta yang wajib masuk daftar kunjungan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan terdiri dari 3 tingkatan. Tingkat tertinggi berukuran 25 mt. Akses ke tempat ini mudah sebab traveler bisa menumpang angkutan desa atau jalan kaki dari terminal Wanayasa.

 

Curug Cipurut berjarak 30 km dari pusat Kota Purwakarta atau tepat berada di kaki Gunung Burangrang. Traveler yang berkunjung bisa bermain air di kolam alaminya yang berada di bawah air terjun dan sekedar refreshing menikmati udara pegunungan yang segar.

3-Gunung Cupu
Tidak ada salahnya saat liburan di Purwakarta kalian berkunjung ke puncak Gunung Cupu yang terletak di daerah Anjun, Plered. Gunung ini selain menampilkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya juga memiliki kisah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub.

Konon dulu ada bidadari yang mandi di telaga dekat gunung ini, bajunya dicuri seorang pria desa yang akhirnya ia nikahi. Setelah memiliki anak si pria mengembalikan pakaian itu dan bidadari pulang ke khayangan. Sebelum kembali ke khayangan bidadari meninggalkan cupu tempat perhiasan untuk pegangan anaknya. Cupu itu diyakini masyarakat tertinggal di puncak Gunung Cupu.

4-Gunung Bangkok
G-Bangkok, destinasi untuk pendaki pemula. Gunung setinggi 875 mdpl bersahabat didaki dan digunakan latihan / pemanasan sebelum mendaki ke jajaran seven summit di negeri ini. G. Bangkok di desa Cikandang. Dari puncak G-Bangkok traveler bisa lihat keindahan waduk Jatiluhur dan G-Parang. Gunung ini punya dua puncak : Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar.

 

Traveler yang berkunjung paling suka mendatangi Puncak batu Tumpuk, puncak ini hanya cukup menampung 30 orang saja. Pada akhir pekan yang ramai traveler harus bergantian kalau mau memotret pemandangan alam dari puncak ini.

5-Gunung Lembu
Ingin hunting golden sunrise di Purwakarta? Kalau begitu wajib mempertimbangkan G-Lembu sebagai destinasi selanjutnya yang harus dikunjungi. Gunung ini bisa traveler daki melalui desa Panyindangan, Kec-Sukatani, Purwakarta. Gunung ini bersahabat untuk didaki sebab tingginya 780 mdpl.

 

Yang menarik dari gunung ini suguhan pemandangan yang ada di puncak gunung. Jika berkunjung pada pagi hari atau kemping di sana, pesona golden sunrise akan membuat kagum ditambah dengan indahnya pemandangan waduk Jatiluhur yang menghampar luas.

6-Gunung Parang
Di Purwakarta ada Wisata Via Ferrata yang mengambil tempat di G-Parang. Ini merupakan gunung dengan tebing batu menjulang yang terletak di dusun Cirangkong, desa Pasanggrahan, 28 km dari pusat kota. Di gunung ini traveler ditawari kegiatan ekstrim berupa rock climbing di ketinggian 983 mdpl.

 

Via Ferrata ini wisata panjat tebing menaiki anak tangga besi yang dilengkapi dengan alat pengaman khusus bernama lanyard double system. Dengan begitu traveler pemula bisa menikmati kegiatan ekstrim ini tanpa perlu memiliki skill khusus seperti panjat tebing.

7-Waduk Jatiluhur
Tidak lengkap ke Purwakarta tanpa ke waduk ikonik yang sering muncul pada pelajaran Geografi, Waduk Jatiluhur. Waduk ini 9 km dari pusat kota dan jadi wisata air andalan Purwakarta. Kabupaten ini tidak memiliki batas laut sehingga mereka tahu betul mengoptimalkan sumber daya air di wilayahnya.

Waduk Jatiluhur dibangun 1957, jadi waduk serbaguna pertama di Indonesia digunakan sebagai sarana irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, bahan baku air minum hingga kebutuhan wisata. Fasilitas2 yang tersedia di Waduk Jatiluhur : Hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, kolam renang dengan water slide, gedung pertemuan dan playground serta masih banyak lagi.

8-Kampung Andir Rumah Khas Sunda
Salah satu daerah yang diproyeksikan jadi desa wisata di Purwakarta dan layak dikunjungi Kampung Andir. Kampung ini di desa Cianting, kec-Sukatani yang bisa traveler tuju melewati Jalan Raya Plered.

Kampung Andir ini unik, semua bangunan punya bentuk sama yaitu Rumah Adat Sunda. Ke depan Kampung Andir di desa Cianting ini jadi desa wisata lain seperti Kampung Naga di Tasikmalaya dan Kampung Dukuh di Garut. Sekarang pun traveler sudah bisa berkunjung ke tempat ini.

9-Mata Air Cisaladah
Buat traveler yang ada di Purwakarta gak jauh beda dengan Klaten di Jateng untuk mengunjungi destinasi wisata berupa kola alami dengan air jernih bak Umbul Ponggok. Purwakarta punya Mata Air Cisaladah yang tak kalah keren.

Mata Air Cisaladah di kecamatan Bojong dan berdekatan dengan mata air Cikahuripan di kab-Bandung Barat. Selain kolam dengan air yang bening untuk foto2, kawasan ini punya sumber mata air yang dikeramatkan warga. Jadi sebelum nyemplung sebaiknya tanya2 warga dulu ya.

10-Oleh2 Industri Keramik Plered
Berlibur ke Purwakarta pilihan tepat apalagi jika berencana beli berbagai jenis keramik atau gerabah untuk dekorasi rumah. Pasalnya di kabupaten ini ada sentra industri keramik yang kualitas produksinya diakui dunia. Sentra Industri Keramik Plered di desa Anjun 13 km dari Purwakarta.

 

Industri ini ada sejak 1904 dan menghasilkan aneka gerabah, terakota dan porselen berkualitas ekspor. Negara2 yang jadi langganan produksi keramik desa Anjun : Jepang, Belanda, Thailand dan Singapura. (diedit dari http://pojoksatu.id/pesona-indonesia/2017/06/22/mau-liburan-saat-orang-mudik-purwakarta-aja/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close