Psikologi

Kebiasaan Ortu berakibat perilaku anak tidak baik(3/17)

5-Menekankan pada hal2 yang salah

Kebiasaan ini hampir sama dengan kebiasaan sebelumnya. Banyak ortu sering mengeluhkan anak2nya tidak akur, suka bertengkar. Pada saat anak kita bertengkar, perhatian kita tertuju pada mereka, kita coba melerai atau memarahi. Tapi apakah kita memperhatikan mereka saat mereka bermain akur?

 

Kita menganggap tak perlu menyapanya karena mereka akur. Pemikiran ini keliru. Hal itu memicunya bertengkar agar bisa menarik perhatian ortunya. Berilah pujian tiap kali mereka main dengan asyik dan rukun, tiap kali mereka berbagi dengan kalimat sederhana dan mudah dipahami, misal: ”Nah, gitu donk kalau main. Yang rukun.” Peluklah mereka sebagai ungkapan senang dan sayang.

 

6-Merendahkan diri sendiri

Jika melihat anak anda main Playstation atau gadged lebih dari belajar, mungkin yang kita ucapkan, “Woy… mati in tuh PS nya, ntar dimarahin sama papa kalo pulang kerja” Atau ungkapan lain, namun tetap dengan figur yang mungkin ditakuti anak pada saat itu. Contoh ancaman itu adalah ketika yang ditakuti adalah figur Papa.

 

Perhatikan ancaman itu. Kita tidak sadar telah mengajarkan pada anak yang mampu menghentikan mereka maen ps adalah bapaknya, artinya figure yang hanya ditakuti adalah bapak. Maka jangan heran kalau jika anak tak mengindahkan perkataan kita karena kita tidak mampu menghentikan mereka maen.

 

Jadi Siapkan aturan main sebelum kita bicara; setelah siap, dekati anak, tatap matanya, dan katakan dengan serius kita ingin ia berhenti main atau berikan pilihan, misal “Sayang, Papa/Mama ingin kamu mandi. Kamu mau mandi sekarang atau lima menit lagi?” bila jawabannya “lima menit lagi Pa/Ma”.

 

Kita jawab kembali, “Baik, kita sepakat 5 menit kamu mandi ya. Tapi jika tidak berhenti setelah 5 menit, dengan terpaksa papa/mama simpan PS nya di lemari sampai lusa”. Persis setelah 5 menit, dekati anak, tatap matanya dan katakan sudah 5 menit, tanpa tawar menawar atau kompromi. Jika anak tidak nurut, laksanakan konsekuensinya. Bersambung…….; Tjokroaminoto360; (https://tjokroaminoto360.wordpress.com/2010/08/29/37-kebiasaan-orang-tua-yang-menghasilkan-perilaku-buruk-pada-anak/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close