Psikologi

Motivasi kerja yang menurun

Berikut komunikasi antara Yoga Tangerang dan Konsultan Bu Rossa, kira2 cuplikannya : Saya akhir2 ini tidak bersemangat masuk kantor. Semua terasa membosankan. Bagaimana caranya agar bermotivasi kerja yang tinggi?

 

Jawabannya : Motivasi kerja itu stimulus/rangsangan bagi tiap karyawan agar kerja dan menghasilkan karya lebih baik. Dengan motivasi tinggi, Anda lebih bersemangat dan bergairah bekerja. Tak dapat dipungkiri kenyataannya banyak karyawan yang motivasinya rendah atau menurun.

 

Akibat minimnya motivasi, hasil kerja tidak memuaskan/di bawah standar. Paling tinggi pas2an. Kondisi ini harus dibenahi. Caranya, Anda harus cari dulu penyebab menurun atau rendahnya motivasi kerja. Banyak hal bisa menjadi pemicu. Tetapi ada lima faktor yang tersering menyebabkannya :

 

Tak puas deengan pendapatan

Uang jadi pertimbangan mengukur tinggi rendahnya motivasi. Makin tinggi penghasilan, makin tinggi motivasi kerja Anda. Bila penghasilan kecil atau di bawah rekan2 Anda, dipastikan motivasi kerjanya rendah. Tak dapat dipungkiri karyawan bekerja giat penuh semangat, jika dihargai penghasilan cukup.

 

Rutinitas

Pekerjaan yang  dihadapi dari waktu ke waktu relatif membosankan, membuat motivasi anjlok. Karena Anda merasa yang Anda kerjakan tidak mengandung hal baru. Anda se-olah2 punya rekaman yang harus dikerjakan, dan fungsi Anda lebih banyak seperti robot. Akibatnya, lambat laun membosankan.

 

Lingkungan kerja tak nyaman

Lingkungan tak nyaman, misalnya pendingin udara sering rusak, rekan2 tak bersahabat, atau bos pilih kasih, mempengaruhi semangat dan motivasi kerja. Jika lingkungan kerja kondusif maka Anda bergairah kerja. Teman2 kooperatif, bos bijak, dan fasilitas kantor lengkap membuat Anda betah plus semangat bekerja. Sehingga Anda bisa bekerja secara maksimal.

 

Kurang ketrampilan

Seseorang akan bersemangat dan motivasi tinggi jika yakin dirinya mampu dan potensi melakukan tugas. Potensi dalam diri membuat Anda percaya diri. Ini modal maju. Kurang trampil yang berhubungan pekerjaan, menyebabkan minder, rendah diri, karena Anda tidak yakin kerja maksimal. Akibatnya Anda tak termotivasi lagi untuk lebih berhasil. Akhirnya pekerjaan Anda tidak optimal.

 

Tidak punya tujuan

Motivasi tinggi dimiliki orang2 yang punya tujuan jelas. Dengan tujuan jelas, setiap langkah dan pikiran akan mencapai tujuan lebih pasti. Tanpa tujuan jelas motivasi kerja berantakan.  Anda tidak mencapai hasil kerja jelas. Kenapa? Karena motivasi berkembang baik jika Anda tahu tujuan Anda.

 

Coba identifikasi kadar motivasi Anda. Jika motivasi rendah, cari tau penyebabnya. Jika tahu Anda harus bisa mengatasinya. Kalau gaji tak sesuai Anda bicarakan dengan bos. Kalau kurang trampil Anda harus menambah atau meningkatkan ketrampilan. Begitu seterusnya.

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.koran-jakarta.com/penyebab-menurunnya-motivasi-kerja—/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close